@phdthesis{digilib49255, month = {December}, title = {PENGELOLAAN ARSIP DOKUMEN CALON JEMAAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 16240002 Annisa Febri Lestari}, year = {2021}, note = {Pembimbing: Dra. Nurmahni, M.Ag}, keywords = {kearsipan; dokumen; Haji dan Umroh; Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49255/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat haji yang semakin bertambah tiap tahunnya. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan arsip dokumen calon jamaah haji. Penyimpanan arsip dokumen masih menggunakan sistem manual, belum adanya pelatihan khusus dan SOP tentang pengelolaan arsip di seksi penyelenggara haji dan umrah. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengelolaan arsip yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan proses pengelolaan arsip dokumen calon jamaah haji oleh seksi penyelenggara haji dan umrah di Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan arsip dokumen calon jemaah haji oleh seksi penyelenggara haji dan umrah di Kementerian Agama Kabupaten Sleman sudah cukup baik dan efektif serta telah sesuai dengan dua komponen dalam kegiatan kearsipan. Penyimpanannya masih menggunakan sistem manual. Untuk dapat mengatasi kehilangan atau kesalahan data calon jemaah haji, seksi penyelenggara haji dan umrah dapat mengatasinya melalui SISKOHAT dengan kelengkapan data jemaah yang otomatis sudah tersimpan. Belum adanya pelatihan khusus dan SOP tentang pengelolaan arsip di seksi penyelenggara haji dan umrah tidak begitu berpengaruh dalam penerapan yang dilakukan.} }