%0 Thesis %9 Skripsi %A Hana Pratiwi, NIM. 14490036 %B Fakultas Tarbiyah dan Keguruan %D 2022 %F digilib:49340 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Manajemen, E-learning, Pendidikan %P 131 %T MANAJEMEN E-LEARNING DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49340/ %X Latar belakang penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap manajemen e-learning di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan menganalisis secara konkrit manajemen e-learning dalam pengembangan sekolah dasar, mengetahui faktor faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen elearning, serta dampak manajemen e-learning di SD Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar tempat di Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Menganalisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Memeriksa keabsahan data dengan cara trianggulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan : bahwa manajemen e-learning di SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta dirancang dan diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan siswa. Design serta pembelajaran banyak menggunakan audio visual sehingga siswa tertarik dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung dalam manajemen e-earning adalah fasilitas dan sarana prasaran yang memadai dan sumber daya manusia yang kompeten. Sedangkan faktor penghambat dalam manajemen e-learning adalah kurangnya kesadaran guru dalam memberikan bahan materi yang akan diunggah di laman e-learning. %Z Pembimbing : Dr. Sigit Purnama, M. Pd.,