TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd., ID - digilib49343 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49343/ A1 - Ana Nikmaturrahmah, NIM. 14600027 Y1 - 2022/// N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD matematika materi persamaan linear satu variabel untuk memfasilitasi pembelajaran berbasis masalah yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Model pengembangan menggunakan model prosedural, dengan prosedur pengembangan menurut Depdiknas yang diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg dan Gall. Langkah-langkah dalam prosedur pengembangan tersebut yaitu: (1) melakukan analisis produk yang dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian LKPD. Berdasarkan penilaian ahli diperoleh bahwa kualitas LKPD matematika mendapatkan kriteria baik dengan rata-rata 120,5 dari skor ideal tertinggi 155. Oleh karena itu, LKPD matematika berbasis masalah dengan materi persamaan linear satu variabel dapat dikatakan berkualitas dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) KW - Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DALAM UPAYA MEMFASILITASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH AV - restricted EP - 72 ER -