eprintid: 49344 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/04/93/44 datestamp: 2022-02-16 06:17:48 lastmod: 2022-02-16 06:17:48 status_changed: 2022-02-16 06:17:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Farah Fadilah, NIM. 14600030 title: PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MEMFASILITASI PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGIEMPAT ispublished: pub subjects: P divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: Subject Specific Pedagogy (SSP), model Knisley, metode brainstorming, segiempat, penalaran matematis note: Pembimbing : Dr. Ibrahim, M.Pd., abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) dengan model Knisley menggunakan metode Brainstorming pada materi segiempat untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis peserta didik yang valid. Subject Specific Pedagogy (SSP) dengan model Knisley menggunakan metode Brainstorming pada materi segiempat untuk memfasilitasi penalaran matematis yang disusun terdiri dari petikan silabus, RPP, LKPD, media pembelajaran, dan instrumen penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dibatasi pada tiga tahap saja yaitu analysis, design, dan development. Sumber data penelitian dalam SSP ini adalah validator ahli. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu dari skala lembar penilaian Subject Specific Pedagogy (SSP) dengan model Knisley menggunakan metode Brainstorming pada materi segiempat untuk memfasilitasi penalaran matematis peserta didik. Hasil penilaian yang masih dalam bentuk huruf diubah menjadi skor, setelah data terkumpul kemudian menghitung skor rata-rata yang dinilai, lalu dikonversikan menjadi nilai kualitatif sesuai dengan kriteria kategori penilaian ideal, dan kemudian dicari persentase keidealannya. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tiga tahap pengembangan yaitu tahap analisis (analysis) yang meliputi analisis kurikulum, analisis kebutuhan guru, dan analisis karakter peserta didik, kemudian tahap kedua yaitu desain (design) yang meliputi penyusunan peta kebutuhan SSP, penyusunan kerangka SSP, dan penentuan instrumen penelitian pengembangan SSP. Selanjutnya tahap pengembangan (development) meliputi pembuatan produk awal SSP, pembuatan instrumen penelitian, revisi instrumen penelitian berdasarkan masukan dosen pembimbing, dan revisi produk awal SSP berdasarkan masukan dosen pembimbing dan validator. Pada tahap ini diperoleh kualitas SSP sangat baik dengan skor ratarata 198 dari skor maksimal 232 dan persentase keidealan 85,35%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut diperoleh bahwa Subject Specific Pedagogy (SSP) dengan model Knisley menggunakan metode Brainstorming materi segiempat untuk memfasilitasi penalaran matematis peserta didik telah teruji valid. date: 2021 date_type: published pages: 370 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Farah Fadilah, NIM. 14600030 (2021) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MEMFASILITASI PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SEGIEMPAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49344/1/14600030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49344/2/14600030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf