eprintid: 49346 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/04/93/46 datestamp: 2022-02-16 06:18:01 lastmod: 2022-02-16 06:18:01 status_changed: 2022-02-16 06:18:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ulin Nuha, NIM. 15420066 title: ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN (AD-DHUHA) PADA MATA PELAJARAN TAHFIZUL QUR’AN SISWA KELAS VIII MTS DARUSSALAM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kesalahan Fonologi, Membaca, Bahasa Arab note: Pembimbing : Nurul Huda, S.S.,M.Pd. abstract: Ulin Nuha (15420066) Analisis Kesalahan Fonologi dalam Membaca Al- Qur‟an (Ad-Dhuha) pada Mata Pelajaran Tahfizul Qur’an Siswa Kelas VIII MTs. Darussalam Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan membaca Al-Qur‟an siswa dalam tataran fonologi, faktor-faktor penyebab kesalahan membaca dan upaya untuk meminimalisasi kesalahan membaca Al- Qur‟an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dilakukan di MTs Darussalam Yogyakarta. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan membaca Al- Qur‟an ada tiga, yaitu perubahan fonem, penghilangan fonem, dan penambaham fonem. Faktor penyebab kesalahan membaca Al-Qur‟an adalah karakteristik membaca bahasa Arab yang berbeda dengan bahasa Indonesia atau bahasa Jawa, membaca bahasa Arab (Al-Qur‟an) merupakan pelajaran baru bagi siswa, apalagi ketika masa kecil yang menjadi basic orang tuanya tidak memperhatikan hal tersebut, akan sulit di masa datang siswa dalam membaca Al-Qur‟an. Kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran tahfizul qur’an. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesalahan membaca Al-Qur‟an siswa kelas VIII MTs Darussalam Yogyakarta adalah meningkatkan intensitas pendampingan baca tulis Al-Qur‟an bagi siswa MTs Darussalam Yogyakarta, guru melakukan sharing dengan sesame guru sekolah lain yang lebih berpengalaman, guru memotivasi agar bersemangat dalam pemblajaran tahfizul qur’an date: 2020 date_type: published pages: 89 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ulin Nuha, NIM. 15420066 (2020) ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN (AD-DHUHA) PADA MATA PELAJARAN TAHFIZUL QUR’AN SISWA KELAS VIII MTS DARUSSALAM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49346/1/15420066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49346/2/15420066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf