TY - THES N1 - Pembimbing : Joko Purwanto, M.Sc ID - digilib49350 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49350/ A1 - Isna Izzatun Nafsi, NIM.16690021 Y1 - 2022/// N2 - Pemahaman siswa adalah kemampuan untuk mengintegrasikan pengetahuan atau konsep baru baru ke dalam pengetahuan atau konsep awal yang dimiliki oleh siswa. Pemahaman konsep sangat penting bagi siswa untuk mempelajari materi fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ngadirojo pada materi termodinamika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang melibatkan 134 siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Ngadirojo yang telah mempelajari materi termodinamika. Teknik pengumpulan data pada menggunakan instrumen Two Tier Multiple Choice Thermodynamic Diagnostic Test (TTMC-TDT) yang dikembangkan oleh Kamcharean dan Wattanakasiwich (2016) dan telah dialih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase pemahaman siswa. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa persentase pemahaman siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ngadirojo pada materi termodinamika adalah sebagai berikut. Untuk kategori memahami konsep sebesar 14,63% (rendah); miskonsepsi-1 (Mi-1) sebesar 19,70% (rendah); miskonsepsi-2 (Mi-2) sebesar 17,96% (rendah); dan tidak paham konsep sebesar 47,71% (sedang). Hasil tersebut menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ngadirojo pada materi termodinamika termasuk dalam kategori rendah PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pemahaman siswa KW - termodinamika KW - TTMC-TDT M1 - skripsi TI - ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE THERMODYNAMIC DIAGNOSTIC TEST (TTMC-TDT) AV - restricted EP - 109 ER -