eprintid: 49350 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/04/93/50 datestamp: 2022-02-16 06:31:59 lastmod: 2022-02-16 06:31:59 status_changed: 2022-02-16 06:31:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Isna Izzatun Nafsi, NIM.16690021 title: ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE THERMODYNAMIC DIAGNOSTIC TEST (TTMC-TDT) ispublished: pub subjects: Pen_fis divisions: jur_bio full_text_status: restricted keywords: Pemahaman siswa, termodinamika, TTMC-TDT note: Pembimbing : Joko Purwanto, M.Sc abstract: Pemahaman siswa adalah kemampuan untuk mengintegrasikan pengetahuan atau konsep baru baru ke dalam pengetahuan atau konsep awal yang dimiliki oleh siswa. Pemahaman konsep sangat penting bagi siswa untuk mempelajari materi fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ngadirojo pada materi termodinamika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang melibatkan 134 siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Ngadirojo yang telah mempelajari materi termodinamika. Teknik pengumpulan data pada menggunakan instrumen Two Tier Multiple Choice Thermodynamic Diagnostic Test (TTMC-TDT) yang dikembangkan oleh Kamcharean dan Wattanakasiwich (2016) dan telah dialih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase pemahaman siswa. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa persentase pemahaman siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ngadirojo pada materi termodinamika adalah sebagai berikut. Untuk kategori memahami konsep sebesar 14,63% (rendah); miskonsepsi-1 (Mi-1) sebesar 19,70% (rendah); miskonsepsi-2 (Mi-2) sebesar 17,96% (rendah); dan tidak paham konsep sebesar 47,71% (sedang). Hasil tersebut menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ngadirojo pada materi termodinamika termasuk dalam kategori rendah date: 2022 date_type: published pages: 109 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiah dam Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Isna Izzatun Nafsi, NIM.16690021 (2022) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI TERMODINAMIKA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE THERMODYNAMIC DIAGNOSTIC TEST (TTMC-TDT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49350/1/16690021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49350/2/16690021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf