@phdthesis{digilib49355, title = {HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN EFIKASI DIRI MENGHAFAL AlQURAN DENGAN PRESTASI HAFALAN PESERTA DIDIK TAHFIDZ KELAS VII MTs AL-I?ANAH PLAYEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 17104010073 Kusnul Fitriyani}, year = {2021}, note = {Pembimbing : Sri Purnami, S.Psi., MA}, keywords = {dukungan sosial teman sebaya, efikasi diri menghafal AlQuran, prestasi hafalan.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49355/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya peserta didik yang memiliki prestasi hafalan bagus ia juga akan memiliki dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri menghafal AlQuran yang bagus juga. Namun pada kenyataannya ada peserta didik tahfidz yang memiliki prestasi hafalan bagus tapi dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri menghafal AlQuran kurang bagus begitupun sebaliknya. Maka dari itu perlu adanya penelitian lebih lanjut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat 1) dukungan sosial teman sebaya, 2) efikasi diri menghafal AlQuran, dan 3) prestasi hafalan hafalan peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I?anah Playen tahun pelajaran 2020/2021, 4) menguji secara empiris hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi hafalan, 5) menguji secara empiris hubungan efikasi diri menghafal AlQuran dengan prestasi hafalan, dan 6) menguji secara empiris hubungan secara bersama-sama antara dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri menghafal AlQuran dengan prestasi hafalan peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I?anah Playen tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian menggunakan jenis expost facto dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah populasi kelas VII MTs Al-I?anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 yang mengambil program tahfidz secara khusus. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah tingkat 1) dukungan sosial teman sebaya (N= 28, mean= 87.64, SD= 6.453), 2) efikasi diri menghafal AlQuran (N= 28, mean= 65.50, SD= 6.861), dan 3) prestasi hafalan (N= 28, mean= 82.32, SD= 4.651) peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I?anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 termasuk dalam kategori sedang, 4) Tidak ada hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan prestasi hafalan peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I?anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 (rx1y= 0.315, p= 0.051{\ensuremath{>}} 0.05), 5) Ada hubungan positif efikasi diri menghafal AlQuran dengan prestasi hafalan peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I?anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 (rx2y= 0.420, p= 0.013{\ensuremath{<}} 0.05), 6) Ada hubungan positif secara bersama-sama antara dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri menghafal AlQuran peserta didik tahfidz kelas VII MTs Al-I?anah Playen tahun pelajaran 2020/2021 (R=0.0.533, p=0.015{\ensuremath{<}}0.05).} }