%0 Thesis %9 Skripsi %A Dini Izatul Mila, NIM. 17104030048 %B Fakultas Tarbiah dam Keguruan %D 2021 %F digilib:49366 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pengembangan Media Pembelajaran, Perkembangan Motorik %T PENGEMBANGAN VIDEO GERAK DAN LAGU TARI TRADISIONAL JARAN KEPANG UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK ANAK USIA DINI DI DESA SEDAYU SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Strata Satu Sarjana Pendidikan : %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49366/ %X Dini Izatul Mila. Nim 17104030048. Judul skripsi Pengembangan Video Gerak dan Lagu Tari Tradisional Jaran Kepang untuk Mengembangkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini di Desa Sedayu. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya perkembangan motorik pada anak usia dini, namun pada masa perkembangannya anak masih mengalami kesulitan dalam menerapkannya. Untuk dapat meningkatkan perkembangan motorik maka pengembangan di lingkungan rumah akan lebih efektif dan sangat menunjang jika menggunakan media pembelajaran. Media video menjadi media yang efektif jika digunakan dalam pembelajaran karena dapat menampilkan suara dan gambar secara bersamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai bagaimana video tari dapat meningkatkan perkembangan motorik anak, dan untuk mengetahui kelayakan dalam video untuk meningkatkan perkembangan motorik anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model dari Sugiyono. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan ahli seni. Setelah divalidasi produk video tari ini diuji cobakan kepada anak di Desa Sedayu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, video tari ini dinyatakan sangat valid dengan persentase dari ahli materi adalah 100% dengan kriteria valid, persentase dari ahli media adalah 82,7% dengan kriteria sangat valid. Media video tari ini dinyatakan sangat praktis dengan persentase 88,57%. Media video ini dapat meningkatkan perkembangan motorik pada anak usia dini dibuktikan dengan sebelum menggunakan media video didapat hasil persentase perkembangan motorik anak adalah 79,17% dan setelah menggunakan media pembelajaran video tari didapat presentase sebesar 90,97%. %Z Pembimbing : Rohinah, S.Pd.I., M.A