<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KETERLIBATAN GURU PAI\r\nDALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN\r\nSEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING\r\nPADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN"^^ . "Penelitian dilatarbelakangi maraknya kasus bullying terutama di sekolah.\r\nHal ini mengakibatkan sekolah sebagai tempat untuk belajar tidak lagi terasa\r\naman dan sudah tidak lagi menjadi tempat yang menyenangkan bagi siswa, maka\r\ndiperlukan perubahan dan pembaharuan pada dunia pendidikan. Salah satunya\r\nmelalui program gerakan sekolah menyenangkan. Penelitian ini difokuskan pada\r\npentingnya keterlibatan guru PAI dalam program gerakan sekolah menyenangkan\r\ndi SMP Negeri 2 Sleman sebagai upaya pencegahan bullying siswa. Ada tiga sub\r\nfokus dalam penelitian ini, yaitu program gerakan sekolah menyenangkan dalam\r\nmencegah bullying, keterlibatan guru PAI dalam program gerakan sekolah\r\nmenyenangkan serta dampak keterlibatan guru PAI dalam program gerakan\r\nsekolah menyenangkan sebagai upaya mencegah bullying di SMP Negeri 2\r\nSleman.\r\nJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan\r\nmengamati keterlibatan guru PAI dalam program gerakan sekolah menyenangkan\r\ndi SMP Negeri 2 Sleman. Metode pengumpulan datanya yakni observasi,\r\nwawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Subyek dalam penelitian ini\r\nadalah kepala sekolah, tim gerakan sekolah menyenangkan, guru PAI, guru BK\r\ndan siswa. Objek dalam penelitian ini berupa keterlibatan guru PAI dalam\r\nprogram gerakan sekolah menyenangkan sebagai upaya mencegah bullying siswa.\r\nAnalisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.\r\nHasil dari penelitian ini adalah: (1)Program gerakan sekolah\r\nmenyenangkan meliputi pembentukan lingkungan positif, pembentukan karakter,\r\npembelajaran berbasis project based learning dan problem solving serta school\r\nconnectedness. (2) Keterlibatan guru PAI dalam program gerakan sekolah\r\nmenyenangkan dalam upaya mencegah bullying yaitu guru PAI berperan sebagai\r\npembimbing melalui pembentukan karakter religius. Guru PAI berperan sebagai\r\nfasilitator dengan merancang kegiatan keagamaan seperti membaca Al-Qur‟an\r\ndan asmaul husna,infaq rutin serta shalat jamaah. Guru PAI berperan sebagai\r\npengelola kelas dengan menciptakan lingkungan kelas yang kondusif seperti\r\nmerancang tempat duduk yang disukai siswa. Guru PAI berperan sebagai\r\ndemonstrator dengan penggunaan metode-metode yang menarik seperti diskusi,\r\npemberian reward dan memberikan contoh teladan.(3) Dampak dari keterlibatan\r\nguru PAI dalam program gerakan sekolah menyenangkan sebagai upaya\r\nmencegah bullying yaitu siswa memiliki sikap ramah ditunjukan melalui perilaku\r\nsenyum, sapa dan salam. Siswa selalu menunjukan ekspresi senang ketika\r\nbertemu dengan orang lain baik itu guru, karyawan sekolah, kepala sekolah dan\r\nsesama siswa. Selain menunjukan ekspresi senang, siswa juga tidak lupa untuk\r\nxi\r\nsaling menyapa dengan ucapan yang baik. Siswa memiliki sikap saling\r\nmenghargai orang lain ditunjukan dengan perilaku siswa mendengarkan dengan\r\nbaik pendapat siswa lain yang sedang mengemukakan pendapat, siswa tidak\r\nmencela pendapat temannya. Siswa memiliki sikap peduli ditunjukan dengan\r\nperilaku tolong-menolong yang dilakukan ketika ada teman yang sakit atau\r\nkekurangan maka siswa selalu mengumpulkan iuran untuk membantu. Siswa\r\nmemiliki sikap disiplin ditunjukkan dengan ketepatan waktu saat siswa masuk\r\nsekolah dan melaksanakan sholat dhuha maupun sholat dhuhur berjamaah. Siswa\r\nmemiliki motivasi tinggi dalam pembelajaran ditunjukkan dengan semangat untuk\r\nmemenuhi tugas atau kuis yang diberikan guru."^^ . "2022" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 17204010067"^^ . "Muhammad Nur Faizin"^^ . "NIM. 17204010067 Muhammad Nur Faizin"^^ . . . . . . "KETERLIBATAN GURU PAI\r\nDALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN\r\nSEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING\r\nPADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN (Text)"^^ . . . . . "17204010067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KETERLIBATAN GURU PAI\r\nDALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN\r\nSEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING\r\nPADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN (Text)"^^ . . . . . "KETERLIBATAN GURU PAI\r\nDALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN\r\nSEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING\r\nPADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "KETERLIBATAN GURU PAI\r\nDALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN\r\nSEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING\r\nPADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "KETERLIBATAN GURU PAI\r\nDALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN\r\nSEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING\r\nPADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "KETERLIBATAN GURU PAI\r\nDALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN\r\nSEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING\r\nPADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "KETERLIBATAN GURU PAI\r\nDALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN\r\nSEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING\r\nPADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KETERLIBATAN GURU PAI\r\nDALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN\r\nSEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING\r\nPADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KETERLIBATAN GURU PAI\r\nDALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN\r\nSEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING\r\nPADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KETERLIBATAN GURU PAI\r\nDALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN\r\nSEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING\r\nPADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #49547 \n\nKETERLIBATAN GURU PAI \nDALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN \nSEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING \nPADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .