TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. H.M. Kholili, M.Si ID - digilib49557 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49557/ A1 - Sahata Simanjuntak, S.Sos I, NIM.: 17202010004 Y1 - 2022/01/10/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas komunikasi persuasif dalam kajian halal class di masjid kampus UGM. Kajian Halal Class merupakan kajian yang membahas tentang halal haram dalam kehidupan sehari-hari. Kajian yang marak di kampus?kampus serta bersafari keliling Indonesia bahkan mancanegara ini dibawakan oleh Ir.H. Nanung Danar Dono, S.Pt., M.P., Ph.D IPM., ASEAN Eng (Direktur Halal Research Center, Fakultas Peternakan UGM). Masjid kampus UGM merupakan salah satu dari sekian banyak masjid di Indonesia yang memiliki keunikan. Keunikan dalam segi arsitektur menjadi salah satu magnet yang menarik jamaah untuk beribadah atau mengikuti kajian yang diselenggarakan oleh takmir masjid kampus UGM. Maka dari itu penelitian ini mencari jawaban dari rumusan masalah, yakni. Pertama, apa materi yang disampaikan persuader dalam Kajian Halal Class di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada. Kedua, apa tujuan komunikasi persuasif dalam Kajian Halal Class di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada. Ketiga, bagaimana pembuktian komunikasi persuasif dalam Kajian Halal Class di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada. Komunikasi persuasif dalam kajian halal class diteliti dengan pengkajian interpretif subjektif konstruktivis yang diselenggarakan di masjid kampus UGM. Sedangkan tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan tipe penelitian ini menggunakan tipe metode riset deskriptif. Dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara mendalam dan observasi dalam pengumpulan data untuk menyelesaikan rumusan masalah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tiga tahap. Dengan langkah-langkah yang dianalisis dengan model Miles & Huberman. Yakni reduksi data kemudian penyajian data selanjutnya menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian: Pertama, Materi yang disampaikan meliputi haram, syubhat dan halal, menggunakan dalil naqli yang bersumber pada al-Qur?an dan hadits, maupun dalil aqli; ijma, qiyas, hasil riset, studi kasus, studi laboratorium, studi pustaka dan rekomendasi para ahli. Kedua, Tujuan komunikasi persuasif persuader dalam Kajian Halal Class di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada ditinjau dari Teori Tujuan Persuasif DeVito meliputi 3 kategori, yakni: Pertama, untuk menguatkan sikap, kepercayaan atau nilai. Kedua, untuk merubah sikap, kepercayaan atau nilai. Ketiga, untuk motivasi mewaspadai secara kongkret dan riil. Ketiga, pembuktian komunikasi persuasif persuader ditinjau dari Teori Alat Komunikasi Persuasif DeVito meliputi 3 kategori, yakni: Pertama, penalaran dan bukti (evidence). Kedua, daya tarik psikologis meliputi kebutuhan fisiologis, kebutuhan mendapatkan keselamatan/keamanan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, kebutuhan aktualisasi diri. Ketiga, daya tarik kredibilitas Ust. Nanung memiliki kompetensi yang mumpuni dan signifikan di bidangnya merupakan profesional. Memiliki karakter yang cerdas, santun, berwibawa, humoris, suka belajar, memiliki empati, low profile, friendly, terbuka, dapat dipercaya, jujur, komunikatif. Sikap Ust. Nanung yang dinamis, kredibel, ekstrovert dan tegas membentuk kharisma. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - syubhat; Halal Class; aktualisasi diri; komunikasi persuasif M1 - skripsi TI - KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM KAJIAN HALAL CLASS DI MASJID KAMPUS UNIVERSITAS GADJAH MADA AV - restricted EP - 227 ER -