eprintid: 49570 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/04/95/70 datestamp: 2022-02-22 06:50:32 lastmod: 2022-02-22 06:50:32 status_changed: 2022-02-22 06:50:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Raditya Amirul Mu’min, S. Pd, NIM. 17204011082 title: PEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK ORANG DEWASA (Studi Metode Ruba’iyat Kelompok Belajar Rubaiyat Indonesia Di Kabupaten Klaten) ispublished: unpub subjects: P divisions: pend_ag full_text_status: restricted keywords: Metode Rubaiyat, Pembelajaran Orang Dewasa note: Pembimbing : Dr. Muqowim, S.Ag., M.Ag, abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat orang dewasa dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini menjadi suatu masalah di kalangan umat Islam saat ini. Orang dewasa tidak bisa dilihat hanya dari segi biologisnya saja, melainkan dari segi sosial dan psikologisnya. Maka dari itu, sering muncul permasalahan orang dewasa yang ingin belajar membaca Al-Qur’an. Pada saat ini masih banyak dari orang dewasa yang masih enggan atau bahkan malu untuk belajar Al-Qur’an dengan alasan takut salah atau minder karena faktor usia. Hingga muncullah metode Rubaiyat yang dirancang untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari metode Rubaiyat dalam pembelajaran Al-Qur’an orang dewasa, sekaligus untuk mengetahui hasil dari penerapan metode Rubaiyat dalam pembelajaran Al-Qur’an orang dewasa. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Obyek penelitian yaitu Metode Rubaiyat itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pembelajaran Al-Qur’an untuk orang dewasa sangat penting. Implementasi metode Rubaiyat untuk orang dewasa dalam belajar membaca Al-Qur’an menunjukkan bahwa metode tersebut mengharuskan peserta untuk bertatap muka secara langsung dengan gurunya. Kedua, penerapan metode Rubaiyat memberikan dampak yang positif untuk orang dewasa karena dalam pembelajaran seorang guru memberikan motivasi kepada peserta untuk menumbuhkan kembali rasa percaya diri dalam belajar membaca Al-Qur’an. Ketiga, walaupun memberikan dampak positif kepada peserta yang tergolong dari orang dewasa, masih terdapat beberapa kendala yang muncul salah satu diantaranya yaitu terbenturnya waktu peserta dikarenakan mereka sibuk dengan pekerjaan atau kegiatan yang lain date: 2022 date_type: published pages: 102 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: masters thesis_name: other citation: Raditya Amirul Mu’min, S. Pd, NIM. 17204011082 (2022) PEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK ORANG DEWASA (Studi Metode Ruba’iyat Kelompok Belajar Rubaiyat Indonesia Di Kabupaten Klaten). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49570/1/17204011082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49570/2/17204011082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf