<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA\r\nISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO"^^ . "Era globalisasi ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak hanya terbatas\r\npada alat elektronik saja tetapi lebih luas dari itu aplikasi media sosial dan pendidikanpun\r\nberkembang pesat. Proses perkembangan ini tentu didukung dalam Al-Quran dan hadist yang\r\nyang mengajurkan kita untuk terus meningkatkan kemampuan ilmiah. Pandemi korona (\r\nCOVID 19 ) mengharuskan Pembelajaran dilakukan secara daring. Hal ini berpengaruh juga\r\nterhadap proses pembelajaran yang mengharuskan tetap tercapainya visi dan misi\r\npembelajaran. Fenomena ini mengharuskan guru Pendidikan Agama Islam senantiasa\r\nmelakukan inovasi dalam melakukan pembelajaran terlebih lagi PAI memiliki tanggung\r\njawab lebih selain mengajarkan ilmu agama Islam juga menanamkan akhlakul karimah\r\nkepada siswa. Pembelajaran secara daring dilakukan menggunakan platfrom Google\r\nClassroom agar pembelajaran tetap efektif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan,\r\nefektifitas, serta kendala dan solusi penggunaan google classroom sebagai media\r\npembelajaran secara daring. Keterbatasan keadaan, waktu dan jarak mengharuskan adanya\r\nmateri esensial era pandemi.\r\nGuna mencapai tujuan, dalam hal ini peneliti melakukan penelitian dengan metode\r\nkualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan yakni penelitian lapangan (field researech). Teknik\r\npengumpulan data menggunakan kuisioner angket. Responden dalam penelitian ini terdiri\r\natas 96 peserta didik kelas VIII SMP N 5 Purworejo. Data yang diperoleh dari lapangan\r\nkemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Classroom sebagai media\r\npembelajaran mampu memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam mengakses\r\nmateri, tugas, serta pengumpulannya. Beragam jenis materi dan tugas dapat dibagikan, dilihat\r\natau diunduh dengan mudah oleh peserta didik. Google classroom juga memiliki fitur\r\npengingat waktu pengumpulan tugas serta memberi kesempatan peserta didik untuk dapat\r\nberkomunikasi secara personal kepada guru. Selanjutnya, pembelajaran PAI dan Budi Pekerti\r\ndengan metode daring melalui media Google Classroom di SMP N 5 Purworejo berjalan\r\ncukup efektif. Efektifitas google classroom sebagai media pembelajaran daring mengacu\r\npada tiga indikator yakni: kualitas pembelajaran, insentif, kesesuaian dan waktu. Materi\r\nesensial mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti yang digunakan selama masa pandemi menjadi\r\nsalah satu cara untuk mengefektifkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Meski demikian,\r\ntidak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat kendala dalam pembelajaran secara daring.\r\nKendala tersebut meliputi kurangnya fasilitas dalam aplikasi berupa audio tatap muka secara\r\nlive streaming dan jendela akses video. Namun hal tersebut dapat disikapi dengan alternatif\r\npenambahan tautan video sebagai sarana pembelajaran. Adanya kelebihan dan kendala dalam\r\npenggunaan google classroom sebagai media pembelajaran, menjadikan blanded learning\r\nperlu dipertimbangkan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran di masa pandemi,\r\nsebab ada materi-materi tertentu yang lebih efektif jika disampaikan secara langsung atau\r\nluring, serta ada materi-materi yang perlu disertai penguatan atau klarifikasi secara langsung."^^ . "2022" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM..18204011046"^^ . "M. Rifqi Zulfikar Al Ansori"^^ . "NIM..18204011046 M. Rifqi Zulfikar Al Ansori"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA\r\nISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO (Text)"^^ . . . . . "18204011046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA\r\nISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA\r\nISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA\r\nISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA\r\nISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA\r\nISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA\r\nISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA\r\nISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA\r\nISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA\r\nPEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA\r\nISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #49625 \n\nEFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA \nPEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA \nISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .