TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Maksudin, M.Ag. ID - digilib49628 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49628/ A1 - M. Husni Arsyad, NIM. 18204021001 Y1 - 2022/// N2 - Pondok pesantren merupakan lahan tersubur penyebaran bahasa Arab di Indonesia. Hal ini dikarenakan kurikulum yang diterapkan di berbagai pondok pesantren ini mencakup materi keislaman yang semuanya diambil dari literatur berbahasa Arab. Hal ini juga dilakukan oleh pondok pesantren Hamalatul Qur?an Yogyakarta yang menerapkan sistem pembelajaran bahasa Arab yang ditunjang dengan progam bin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data bersumber dari para informan dan dokumen-dokumen pendukung. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sistem pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Hamalatul Qur?an terdiri dari berbagai unsur yang saling berkaitan dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran bahasa Arab di pesantren ini. unsur-unsur tersebut meliputi asa>tiz\ pengampu bahasa Arab, santri, serta prosedur yang mencakup metode, materi dan evaluasi pembelajaran. Adapun sistem pengajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah sistem gabungan, yaitu sistem yang mengombinasikan sistem terpadu (niz}a>m al-wah}dah) dengan sistem terpisah (niz}a>m al-furu>?). 2) Sistem pembelajaran bahasa Arab di pesantren ini didukung dengan progam bin yang merupakan salah satu progam unggulan di pesantren tersebut. 3) Pembelajaran bahasa Arab melalui bifin dapat dilihat dari progam tah}si>n al-Qur?a>n dan tasmi>? al-Qur?a>n. 4) Aspek-aspek yang dikembangkan melalui progam bin meliputi keterampilan berbicara, mendengar, membaca dan ?ilmu al-as}wa>t. 5) Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan dua progam ini terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambat. Diantara faktor pendukung adalah banyaknya asa>tiz\ alumni Timur Tengah, sedangkan salah satu faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran santri dalam mempraktekkan bahasa Arab. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Sistem Pembelajaran Bahasa Arab KW - Bi