eprintid: 49633 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/04/96/33 datestamp: 2022-02-23 06:17:43 lastmod: 2022-02-23 06:17:43 status_changed: 2022-02-23 06:17:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nur Ziadatul Hasanah, NIM: 19204010023 title: KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR KAPANEWON PLERET DALAM MENGEMBANGKAN SELF EFFICACY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI SELAMA MASA PANDEMI ispublished: pub subjects: P divisions: pend_ag full_text_status: restricted keywords: Self efficacy, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran pada masa pandemi. note: Pembimbiang : Dr. H. Khamim Zarkasi P., M.Si abstract: Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Kapanewon Pleret Dalam Mengembangkan Self efficacy dan Implikasinya Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran PAI Pada Masa Pandemi. Tesis. Yogyakarta: Program Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2022. Menyebarnya virus Covid-19 memberikan dampak pada pembatasan kegiatan masyarakat Indonesia di berbagai sektor terutama bidang pendidikan yang juga terkena dampak pembatasan oleh pemerintah. Hal tersebut mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat dengan meniadakan pembelajaran tatap muka dan menggantinya dengan pembelajaran jarak jauh. Keberhasilan pendidikan di masa pandemi tergantung pada kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Guru harus memiliki semangat dan kepercayaan diri dalam mengemban tugasnya mendidik anak bangsa untuk dapat mendorong tercapainya tujuan dari proses belajar mengajar, sebab semangat dan kepercayaan diri yang tinggi mempengaruhi tingkat motivasi guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya serta dapat melaksanakan pembelajaran PAI pada masa pandemi dengan lancar dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru PAI SD Kapanewon Pleret memiliki kemampuan dalam mengembangkan self efficacy yang baik dilihat dari dimensi level/magnitude, dimensi generality dan dimensi strength. Upaya yang dilakukan guru PAI SD Kapanewon Pleret dalam mengembangkan self efficacy antara lain dengan evaluasi diri, meningkatkan motivasi diri, belajar dari keberhasilan orang lain dan meminta nasihat dari orang lain. 2) pelaksanaan pembelajaran PAI SD Kapanewon Pleret dilaksanakan dengan sistem pembelajaran jarak jauh/daring, layanan konsultasi pembelajaran, blended learning, dan pertemuan tatap muka terbatas (PTM). 3) implikasi kemampuan guru PAI SD Kapanewon Pleret dalam mengembangkan self efficacy dalam pelaksanaan pembelajaran PAI selama masa pandemi antara lain: memberikan motivasi kepada guru PAI dalam menghadapi tantangan tugas, meningkatkan kinerja guru PAI dan memberikan semangat kepada peserta didik. date: 2022 date_type: published pages: 182 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: masters thesis_name: other citation: Nur Ziadatul Hasanah, NIM: 19204010023 (2022) KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR KAPANEWON PLERET DALAM MENGEMBANGKAN SELF EFFICACY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI SELAMA MASA PANDEMI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49633/1/19204010023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49633/2/19204010023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf