%0 Thesis %9 Masters %A Firda Mustika Megawati, S.Pd, NIM.: 18200010238 %B PROGRAM PASCASARJANA %D 2021 %F digilib:49656 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pengasuhan, Ibu Berperan Ganda, Pandemic Covid-19 %P 152 %T PENGASUHAN IBU BERPERAN GANDA DI ERA PANDEMIC COVID 19 STUDI KASUS KAMPUNG KALI CODE YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49656/ %X Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui kendala-kendala pengasuhan yang dialami oleh orang tua di kampung Kali Code Yogyakarta ketika menjalani perannya sebagai pendamping belajar anak selama pembelajaran jarak jauh, kemudian strategi yang diterapkan dalam pengasuhan yang tengah dijalaninya pada era pandemic covid-19 serta faktor-faktor yang mempengaruhi pengasuhan yang tengah dijalani orang tua selama ini mengingat kondisi kehidupan yang semakin termarginalkan pada masa sulitnya hidup ditengah wabah pandemic covid-19. Metode penelitian ini di asah menggunakan metode kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif. Proses penggalian datanya menngunakan metode wawancara, observasi serta dokumentasi. Informan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 3 orang tua di Kampung Kali Code Yogyakarta. Hasil penelitian mengindikasikan hasil pertama kendala pengasuhan yang dialami oleh informan yaitu bersumber dari faktor internal yaitu kecakapan peran orang tua baik dalam skill akademik maupun pengendalian emosi dalam melakukan pengasuhan disertai dengan tuntutan pekerjaan demi kelangsungan hidupnya. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi pengasuhan informan adalah keterbatasan waktu yang menyulitkan orang tua memprioritaskan pendidikan anak atau memilih pekerjaan yang sama pentingnya untuk menghasilkan perekonomian keluarga yang cukup. Kedua, faktor yang mempengaruhi informan memilih pengasuhan yang diterapkan kepada anaknya masing masing adalah masalah ekonomi yang sulit dan keadaan lingkungan serta budaya masyarakat miskin di tengah kota yang rawan kriminalitas serta sering diabaikan dan terpinggirkan. Ketiga, karakteristik pengasuhan yang diterapkan oleh informan cenderung variatif sesuai kebutuhanya dengan menerapkan gaya pengasuhan authoritative, authoritarian dan permissive namun pada aplikasinya di lapangan informan lebih menggunakan gaya yang dominan sesuai karakter dan pengalaman informan. Jadi dinamika pengasuhan yang dialami oleh informan selama masa pembelajaran daring karena pandemic covid-19 dalam proses pengasuhannya tidak hanya menerapkan satu gaya pengasuhan saja, akan tetapi menerapkan berbagai gaya pengasuhan dengan menyesuaikan kendala yang dihadapi sesuai dengan pengalaman dan kemampuan yang dimilikinya. Maka dari itu, setiap informan tetap memiliki kecenderungan gaya pengasuhan yang diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari. %Z Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Casmini, S.Ag., M.Si