%0 Thesis %9 Masters %A Hopizal Wadi, NIM.: 19200010022 %B PROGRAM PASCASARJANA %D 2021 %F digilib:49673 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Dakwah Anak Muda, Ekspresi Kesalehan, Komodifikasi Agama dan Muslim United %P 104 %T DAKWAH ANAK MUDA, EKSPRESI KESALEHAN DAN KOMODIFIKASI AGAMA DI MUSLIM UNITED YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49673/ %X Tesis ini secara spesifik berbicara mengenai gerakan kesalehan dan komoditas agama yang berlangsung di salah satu komunitas keagamaan yang ada di Indonesia, dengan obyek kajian khususnya di kota Yogyakarta yaitu, Muslim United. Kemunculan Muslim United sendiri merupakan salah satu cara bagaimana kaum muda mengekspresikan identitas keagamaannya melalui ekspresi kesalehan. Gerakan dakwah Islam yang dilakukan oleh kaum muda merupakan fenoma menarik karena menawarkan berbagai metode, starategi, dan pemanfaatan media yang populer pada saat ini yaitu, media sosial yang dijadikan sebagai sarana untuk menyebarkan nilai-nilai keagamaan dengan kemasan yang lebih unik. Adapun fenomena ini telah menciptakan pengaruh dan kepentingan lain didalamnya. Implementasi dari komunitas keagamaan memiliki kecendrungan untuk dijadikan sebagai komoditi sehingga kemudian digunakan sebagai alat jualnya. Tesis ini menggunakan studi kualitatif deskriptif dengan metode etnografi. Peneliti menggali informasi melalui observasi dan wawancara secara langsung terhadap pengurus dan anggota Muslim United. Peneliti juga menghimpun data dengan cara wawancara online dan secara aktif megikuti program-program yang diadakan oleh Muslim United melalui media sosial. Selain itu, data juga dikumpulkan dengan cara menghimpun beragam informasi, baik berupa dokumen maupun vidio, dari kegiatankegiatan Muslim United yang dipostingkan di beragam akun media sosial yang memiliki afiliasi dengan Muslim United. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa praktek kesalehan yang secara masif dilakukan oleh para pendakwah baru yang semakin berkembang di Indonesia, yang diiringi dengan praktik bisnis terus berlangsung, secara signifkan berimbas pada pergeseran pemahaman masyarakat akan nilai-nilai keagamaan. Gerakan dakwah anak muda Muslim United selain aktif melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang dikemas secara agamis untuk membentuk ruang kesalehan di dalam menyampaikan pesan-pesan keagamaan, mereka juga disetiap aktivitas dakwahnya berlangsung proses komoditas dengan nilai jual. Strategi gerakan dakwah Muslim United dilakukan dengan cara memasarkan berbagai produknya yang dibarengi dengan kegiatan-kegiatan akbar (kajian keagamaan). Adapun hal lain yang membuat kaum muda semakin meminati atau tertarik dengan komunitas Muslim United ini adalah strategi dakwahnya tidak hanya dilakukan secara tradisional melalui pertemuan langsung, akan tetapi juga dengan memanfaatkan software aplikasi yang sangat akrab bagi kaum muda. %Z Pembimbing: Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D