eprintid: 49685 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/96/85 datestamp: 2022-02-24 03:52:37 lastmod: 2022-02-24 03:52:37 status_changed: 2022-02-24 03:52:37 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Rafi Bagus Adi Wijaya, NIM.: 19200012045 title: PLAY THERAPY BERBASIS PERMAINAN ISLAMI DALAM PENGEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL AUD PADA MASA PANDEMI DI TK IT MUMTAZA MARGA BARU KABUPATEN MUSIRAWAS ispublished: pub subjects: BA subjects: c19 divisions: bim_kon full_text_status: restricted keywords: Play Therapy, Permainan Islami, Sosial-Emosional note: Pembimbing: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si., Psi abstract: Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan sistem pembelajaran dan peliburan sekolah dalam jangka waktu lama, sehingga anak sulit untuk berinteraksi dengan lingkungan dan teman sebayanya. Pengalaman anak dalam mengontrol perilaku sosial-emosional masih terbatas, sehingga dibutuhkan bimbingan secara sistematis dan dapat disesuaikan pada kondisi serta fase perkembanganya. Dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan play therapy berbasis permainan Islami dalam pengembangan sosial-emosional AUD di TK IT Mumtaza Marga Baru. Kajian terbagi dalam tiga fokus berikut: Bagaimana implementasi play therapy berbasis permainan Islami. Bagaimana hasil dari pelaksanaan kegiatan tersebut, dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi play therapy berbasis permainan Islami dalam pengembangan sosial- emosional AUD. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, adapun subjek yang menjadi informan adalah kepala sekolah, wali kelas, dan konselor TK. Teknik analisis data yaitu mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, kemudian uji keabsahan berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil Penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa implementasi play therapy berbasis permainan Islami dalam pengembangan sosial-emosional AUD diterapkan dengan memberikan intervensi yang terintegrasi dan sistematis. Hasil dari penerapan play therapy berbasis permainan Islami telah berjalan dengan baik yang ditandai dengan 11 anak mencapai perkembangan yang diharapkan, sedangkan 4 anak lainya mulai berkembang menuju perkembangan yang diharapkan. Faktor pendukung di antaranya: Fasilitas yang cukup memadai, Peralatan bermain yang variatif, dan Keaktifan anak saat bermain. Sedangkan faktor penghambatnya: lingkungan disaat pandemi dan respon orang tua yang negatif terhadap bermain. date: 2021-12-23 date_type: published pages: 174 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: Rafi Bagus Adi Wijaya, NIM.: 19200012045 (2021) PLAY THERAPY BERBASIS PERMAINAN ISLAMI DALAM PENGEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL AUD PADA MASA PANDEMI DI TK IT MUMTAZA MARGA BARU KABUPATEN MUSIRAWAS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49685/1/19200012045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49685/2/19200012045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf