<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN SANTRI\r\nMAHASISWA MEMBACA BAHASA ARAB GUNDUL MELALUI\r\nMETODE SOROGAN DI ERA 4.0\r\n(Studi Kasus Pondok Pesantren Putri Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta)"^^ . "Pondok pesantren putri Al Munawwir komplek Q merupakan salah satu pondok pesantren\r\nyang menganut sistem salafiyah dalam proses pembelajarannya. Bidang Pendidikan dalam\r\npondok dikelola oleh Madrasah Salafiyah III (sebuah Lembaga Pendidikan diniyah) yang\r\ndiawasi langsung oleh pengasuh serta pengurus pondok. Dalam sistem pengajaran madrasah\r\nmaupun pengajian lainnya mayoritas tenaga pendidiknya menggunakan kitab berbahasa Arab\r\ntanpa harokat sebagai bahan rujukan.\r\nMembaca bahasa Arab gundul merupakan salah satu keahlian yang dimiliki oleh santri.\r\nNamun saat ini banyak santri yang belum menguasai teknik bahkan ilmu yang digunakan\r\nuntuk membaca bahasa Arab gundul. Sebagai santri Pondok Pesantren dan juga seorang\r\nmahasiswa tentu mereka mempunyai pandangan terhadap permasalahan tersebut.\r\nPermasalahan santri mahasiswa dengan keahlian membaca Bahasa Arab gundul juga\r\ndipengaruhi oleh upaya pengurus Pondok Pesantren dalam membangun kebiasaan santri\r\ndalam membaca bahasa Arab gundul. Adapu tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk\r\nmengetahui persepsi dan upaya pengurus terhadap kebiasaan santri mahasiswa dalam\r\nmembaca bahasa Arab gundul melalui metode sorogan di era 4.0\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan desktiptif\r\nkualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan\r\ndokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian\r\ndata dan verifikasi data.\r\nBerdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Upaya pengurus pondok dalam\r\nmeningkatkan kemampuan santri mahasiswa membaca bahasa Arab gundul dengan metode\r\nsorogan di era 4.0 yaitu: Pertama: Perubahan kurikulum, perubahan kurikulum terjadi karena\r\nadanya evaluasi terhadap kemampuan santri dalam menyerap materi pembelajaran yang\r\ndilakukan. Perubahan tersbut tampak pada perubahan mata pelajaran dan kitab yag digunakan\r\nsebagai bahan ajar Kedua: Metode pembelajaran, terdapat beberapa varisi metode\r\npembelajaran yang dapat memotivasi santri dalam mempelajari teks bahasa Arab gundul.\r\nKetiga: Pembaharuan sistem sorogan"^^ . "2022" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "Fakultas Tarbiah dam Keguruan, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 17204020014"^^ . "Iltizamatul Labibah"^^ . "NIM. 17204020014 Iltizamatul Labibah"^^ . . . . . . "UPAYA PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN SANTRI\r\nMAHASISWA MEMBACA BAHASA ARAB GUNDUL MELALUI\r\nMETODE SOROGAN DI ERA 4.0\r\n(Studi Kasus Pondok Pesantren Putri Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta) (Text)"^^ . . . . . "17204020014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "UPAYA PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN SANTRI\r\nMAHASISWA MEMBACA BAHASA ARAB GUNDUL MELALUI\r\nMETODE SOROGAN DI ERA 4.0\r\n(Studi Kasus Pondok Pesantren Putri Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta) (Text)"^^ . . . . . "UPAYA PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN SANTRI\r\nMAHASISWA MEMBACA BAHASA ARAB GUNDUL MELALUI\r\nMETODE SOROGAN DI ERA 4.0\r\n(Studi Kasus Pondok Pesantren Putri Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN SANTRI\r\nMAHASISWA MEMBACA BAHASA ARAB GUNDUL MELALUI\r\nMETODE SOROGAN DI ERA 4.0\r\n(Studi Kasus Pondok Pesantren Putri Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN SANTRI\r\nMAHASISWA MEMBACA BAHASA ARAB GUNDUL MELALUI\r\nMETODE SOROGAN DI ERA 4.0\r\n(Studi Kasus Pondok Pesantren Putri Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN SANTRI\r\nMAHASISWA MEMBACA BAHASA ARAB GUNDUL MELALUI\r\nMETODE SOROGAN DI ERA 4.0\r\n(Studi Kasus Pondok Pesantren Putri Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN SANTRI\r\nMAHASISWA MEMBACA BAHASA ARAB GUNDUL MELALUI\r\nMETODE SOROGAN DI ERA 4.0\r\n(Studi Kasus Pondok Pesantren Putri Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN SANTRI\r\nMAHASISWA MEMBACA BAHASA ARAB GUNDUL MELALUI\r\nMETODE SOROGAN DI ERA 4.0\r\n(Studi Kasus Pondok Pesantren Putri Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN SANTRI\r\nMAHASISWA MEMBACA BAHASA ARAB GUNDUL MELALUI\r\nMETODE SOROGAN DI ERA 4.0\r\n(Studi Kasus Pondok Pesantren Putri Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN SANTRI\r\nMAHASISWA MEMBACA BAHASA ARAB GUNDUL MELALUI\r\nMETODE SOROGAN DI ERA 4.0\r\n(Studi Kasus Pondok Pesantren Putri Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #49710 \n\nUPAYA PENGURUS PONDOK DALAM MENINGKATKAN SANTRI \nMAHASISWA MEMBACA BAHASA ARAB GUNDUL MELALUI \nMETODE SOROGAN DI ERA 4.0 \n(Studi Kasus Pondok Pesantren Putri Al Munawwir Komplek Q Krapyak Yogyakarta)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .