eprintid: 49714 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/04/97/14 datestamp: 2022-02-24 03:40:48 lastmod: 2022-02-24 03:40:48 status_changed: 2022-02-24 03:40:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fatonah, NIM. 17204021011 title: PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN BAHASA ARAB MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) TERINTEGRASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO ispublished: pub subjects: pba divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Pengembangan Kurikulum, Jurusan PBA, KKNI dan MBKM note: Pembimbing : Dr. Dailatus syamsiyah, S.Ag., M.Ag. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah Terbitnya Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres RI) Nomor 8 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI nomor 73 tahun 2013 untuk mere-desain Kurikulum mengacu KKNI dan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Permendikbud No 3 tahun 2020 yaitu tentang Program “Hak Belajar Tiga Semester di Luar Prodi”. UIN Prof Kh. Saifuddin Zuhri mengadopsi konsep Program MBKM yaitu dengan “Hak belajar Satu Semester di Luar atau tetap dalam Prodi”. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab mulai menerapkan kurikulum KKNI terintegrasi program MBKM dalam pada tahun 2020 yang diberikan pada semester enam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan kurikulum jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Prof. Kh. Saifuddin Zuhri Purwokerto mengacu KKNI terintegrasi Program MBKM yang terdiri dari tahapan penyusunan kurikulum dan implementasi kurikulum KKNI terintegrasi MBKM. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran dan informasi bagi lembaga pendidikan. Dan dapat menjadi referensi evaluasi untuk pengembangan kurikulum Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data, Penyajian Data, penarikan kesimpulan. Analisis yang digunakan juga berpedoman pada buku panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi di era industri 4.0 untuk mendukung merdeka belajar-kampus merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tahapan penyusunan kurikulum diawali dengan mengevaluasi kurikulum 2016 kemudian mengadopsi kurikulum MBKM dan dikembangkan sesuai dengan stake holder yang ditetapkan dalam Profil Lulusan dan dijabarkan dalam Standar Kompetensi Lulusan. Pemetaan Bahan kajian dilakukan dengan membagi dua yaitu al Arabiyah li at Tadris dan al Arabiyah li Tarjamah. Program MBKM yang telah terealisasikan di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Prof Kh. Saifuddin Zuhri yaitu, Magang, Penelitian/Riset dan Kuliah Kerja Nyata Tematik. date: 2022 date_type: published pages: 186 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: masters thesis_name: other citation: Fatonah, NIM. 17204021011 (2022) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN BAHASA ARAB MENGACU KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) TERINTEGRASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM) DI UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49714/1/17204021011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49714/2/17204021011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf