@mastersthesis{digilib49715, title = {HALAMAN JUDUL EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PROGRAM STUDI PENDIDKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 17204021014 Himmatul Azizah, S.Pd}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd.}, keywords = {Evaluasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Model CIPP}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49715/}, abstract = {Latar Belakang: Upaya peningkatan pembelajaran bahasa Arab memiliki posisi strategis dalam kurikulum pendidikan nasional karena membahas tentang urgensi peningkatan pembelajaran bahasa Arab. Keberadaan kurikulum pendidikan nasional bahasa Arab harus diperkuat dan terus dikembangkan. Lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam mengimplementasikan pembelajaran bahasa Arab dengan baik dan terencana, untuk mengetahui efektifitas pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan dengan melakukan evaluasi, meliputi beragam komponen dengan sejumlah prosedur dan kegiatan suatu program. Tujuan Penelitian: Mengetahui kesesuaian implementasi pembelajaran bahasa Arab di program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berdasarkan aspek context, input, prosess, dan product. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain evaluatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Desain penelitian dipilih untuk mengevaluasi implementasi kurikulum berdasarkan model CIPP (context input prosess product). Populasi yang digunakan adalah mahasiswa aktif program studi pendidikan Bahasa Arab sebanyak 229 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 16 orang. Teknik analisis data mengguakan deskriptif yang disajikan berdasarkan nilai mean, median, modus dan standar deviasi. Hasil penelitian: Terdapat kesesuaian implementasi pembelajaran bahasa Arab di program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berdasarkan aspek context dibuktikan dengan perolehan tingkat capaian responden sebesar 71,9\% yang berada dalam kategori baik/ sesuai; Terdapat kesesuaian implementasi kurikum program studi Pendidikan Bahasa Arab di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berdasarkan aspek input dibuktikan dengan perolehan tingkat capaian responden sebesar 74,1\% yang berada dalam kategori baik/ sesuai; Terdapat kesesuaian implementasi pembelajaran bahasa Arab di program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berdasarkan aspek process dibuktikan dengan perolehan tingkat capaian responden sebesar 75,8\% yang berada dalam kategori baik/ sesuai; Terdapat kesesuaian implementasi pembelajaran bahasa Arab di program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berdasarkan aspek product dibuktikan dengan perolehan tingkat capaian responden sebesar 73,6\% yang berada dalam kategori baik/ sesuai.} }