%A NIM.: 18102020068 Nur Laily Robi’atul Awwaliah %O Pembimbing: Ferra Puspito Sari, M.Pd. %T TERAPI AL-QUR’AN UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh hambatan anak autis untuk berkomunikasi dengan orang lain. Di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an, terapi Al-Qur’an dijadikan sebagai bentuk ikhtiar yang bertujuan untuk mengurangi, menyembuhkan serta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak autis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pelaksanaan dan hasil terapi Al-Qur’an untuk menstimulasi kemampuan komunikasi anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru PAI, dan guru kelas. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangualasi teknik. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan terapi Al-Qur’an untuk menstimulasi kemampuan komunikasi anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Yogyakarta yaitu belum dilaksanakannya terapi Al-Qur’an dengan menggunakan metode yang tepat, hal tersebut menjadikan hasilnya kurang maksimal. Terapi Al-Qur’an bisa berperan sebagai terapi pendamping terhadap terapi atau intervensi lainnya. Terapi Al-Qur’an ini berfungsi sebagai pelengkap dari semua terapi untuk membantu serta melancarkan proses terapi lain yang diterapkan pada anak tersebut. Sederhananya, terapi Al-Qur’an sebagai stimulus secara religius dengan berdoa memohon kesembuhan dari Allah SWT, sedangkan terapi lain yang pada umumnya dilakukan sebagai intervensi pada anak tersebut. %K terapi Al-Qur’an; menstimulasi; anak autis; Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Yogyakarta %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib49719