eprintid: 49737 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/04/97/37 datestamp: 2022-02-24 07:49:20 lastmod: 2022-02-24 07:49:20 status_changed: 2022-02-24 07:49:20 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchtinurhidayaah@uin-suka.ac.id creators_name: Sri Wulan Agustin, NIM.: 18102040027 title: KUALITAS KINERJA KARYAWAN DI RUMAH CANTIK SEHAT MUSLIMAH (RCSM) GEDONGKUNING YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: man_perus divisions: jur_md full_text_status: restricted keywords: kualitas kinerja karyawan; peningkatan kualitas; sumber daya manusia; RCSM Gedongkuning Yogyakarta note: Pembimbing: Dra. Siti Fatimah, M.Pd abstract: Keberhasilan sebuah organisasi dalam mencapai tujuannya, tidaklah terlepas dari sumber daya manusia yang memegang peran penting sebagai pelaku utama di setiap proses kegiatannya. Sesuatu yang menjadi hasil kerja karyawan sehari-hari disebut kinerja karyawan. Untuk memaksimalkan daya saing dengan perusahaan lain, maka penting lembaga atau perusahaan melakukan peningkatan kualitas bagi seluruh sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Peningkatan kualitas merupakan usaha organisasi, lembaga atau perusahaan dalam meningkatkan kualitas karyawannya guna memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan yang diharapkan pelanggan. Usaha tersebut dapat diraih melalui manajemen sumber daya manusia yang baik. Salah satu rangkaian dari manajemen sumber daya manusia yang memberikan peran penting dalam peningkatan kualitas karyawan adalah pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, sebagaimana yang dilakukan oleh RCSM Gedongkuning Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada manajer HRD, karyawan, dan satu pelanggan salon & spa muslimah RCSM Gedongkuning Yogyakarta yang turut serta memberikan penilaian mengenai kualitas kinerja karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas kinerja karyawan melalui pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di RCSM Gedongkuning Yogyakarta adalah sebagai berikut: Pertama, kriteria kualitas kinerja karyawan di RCSM Gedongkuning Yogyakarta terdiri atas keandalan, daya tanggap, kompeten, kemudahan mengakses lewat media sosial, kesopanan, kredibilitas, komunikasi, keamanan, memahami kebutuhan pelanggan, dan berwujud sebagaimana pelayanan jasa pada umumnya. Kedua, kualitas kinerja karyawan di RCSM Gedongkuning Yogyakarta dimaksimalkan melalui pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia dengan tiga hal utama seperti kepuasan pelanggan, interaksi sosial, dan perbaikan yang berkesinambungan sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan. date: 2022-01-11 date_type: published pages: 103 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Sri Wulan Agustin, NIM.: 18102040027 (2022) KUALITAS KINERJA KARYAWAN DI RUMAH CANTIK SEHAT MUSLIMAH (RCSM) GEDONGKUNING YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49737/1/18102040027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49737/2/18102040027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf