%0 Thesis %9 Masters %A Widha Nur Hidayah, NIM. 19204012027 %B Fakultas Tarbiyah dan Keguruan %D 2022 %F digilib:49767 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Problematika, Penguasaan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam %P 191 %T PROBLEMATIKA PENGUASAAN BAHASA ARAB PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER 3 DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49767/ %X Widha Nur Hidayah. Problematika Penguasaan Bahasa Arab Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Semester 3 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Magister Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2022. Latar belakang dalam penelitian ini Bahasa Arab dan Alquran merupakan kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Dalam belajar Alquran, bahasa Arab adalah syarat wajib yang harus dikuasai, demikian halnya dengan belajar bahasa Alquran, berarti belajar bahasa Arab. Akan tetapi nampaknya masih ada permasalahan terkait penguasaan bahasa Arab mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, salah satu hal yang menjadi permasalahan tersebut adalah karena mahasiswa Pendidikan Agama Islam memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Bagi yang lulusan MAN, MA, MAK, SMA IT dan pesantren tentunya tidak akan mengalami kesulitan dengan mata kuliah ke Islaman serta pembelajaran Bahasa Arab, yang nantinya berbeda dengan mahasiswa yang berasal dari lulusan SMA atau SMK yang notabenya tidak ada sama sekali pembelajaran Bahasa Arab yang ada hanya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Serta banyak anggapan dari masyarakat bahwa seorang guru PAI pasti lebih paham dan menguasai ilmu-ilmu yang berkaitan dengan agama Islam, terutama dalam hal ini yaitu bahasa Arab yang mana bahasa Arab menjadi bahasa Alquran dan Hadits serta doa-doa juga banyak yang menggunakan bahasa Arab, sehingga hal itu juga menjadi keingintahuan peneliti tentang problematika penguasaan bahasa Arab pada mahasiswa jurusan PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (qualitative research). Pengumpulan data dilaksanakan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi perkuliahan mahasiswa jurusan PAI semester 3 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dilaksanakan dengan pembelajaran daring, mengingat adanya kejadian menyebarnya virus corona yang terjadi sejak tahun 2019. Dengan demikian maka proses perkuliahan berlangsung dilaksanakan menggunakan media zoom meeting, whatsaap, google drive, mandiri serta tatap muka bagi mahasiswa yang berada di wilayah yogyakarta. Dalam perkuliahan dosen menggunakan metode nahwu al wadhih yang di awal pembelajarannya difokuskan pada pemberian contoh-contoh lalu pembahasan kaidah-kaidahnya dan terakhir latihan-latihan. 2) Problematika penguasaan bahasa Arab mahasiswa jurusan PAI yang ditemukan, dibagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Permasalahan yang menyangkut faktor internal, meliputi: kurangnya penguasaan kosakata bahasa arab (mufrodat), minimnya pengetahuan akan kaidah bahasa arab (nahwu-shorof), kurangnya implementasi ketrampilan berbicara, kurangnya minat dan motivasi mahasiswa belajar bahasa arab, tidak adanya lingkungan berbahasa Arab, serta adanya perbedaan pada masing-masing mahasiswa yang mana berhubungan dengan perbedaan intelektual, kemampuan berbahasa dan latar belakang pendidikan. Kemudian problem penguasaan bahasa Arab pada faktor eksternal meliputi: ix proses perkuliahan yang kurang efektif, bahan ajar yang sulit, kurangnya waktu pembelajaran, kondisi lingkungan mahasiswa dan sarana yang kurang memadai. 3) Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan mahasiswa jurusan PAI terkait penguasaan bahasa Arab, yaitu menumbuhkan minat dan motivasi mahasiwa untuk belajar bahasa Arab, membuat kelas berdasarkan kemampuan berbahasa arab mahasiwa, pembimbingan khusus bagi mahasiswa yang berasal dari sekolah umum, memberikan wadah/tempat untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan bahasa Arab, menggunakan cara belajar yang menarik dan menyenangkan serta materi pembelajaran menyesuaikan dengan kondisi mahasiswa. %Z Pembimbing : Prof. Dr. H. Sangkot Sirait, M. Ag selaku