%0 Thesis %9 Skripsi %A Miladdina Nurkhasanah, NIM.: 17105040006 %B FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM %D 2022 %F digilib:49770 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Implementasi Nilai-Nilai Agama, Spirit Agama, Bisnis. %P 126 %T AKTUALISASI NILAI-NILAI KEAGAMAAN DALAM MANAJEMEN WARUNG AYAM GEPREK SA’I DI KABUPATEN PEMALANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49770/ %X Manusia yang sejatinya membutuhkan orang lain dalam hidupnya tak terkecuali dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Kebutuhan ekonomi merupakan suatu hal yang penting dalam hidup manusia. Kompetisi di antara para pengusaha untuk mengembangkan usahanya menimbulkan permasalahan yang baru. Dimensi moral dan spiritual rasanya telah banyak ditinggalkan. Lewat kesadaran bahwa orientasi suatu usaha tidak hanya pada profit saja melahirkan kemungkinan-kemungkinan untuk menerapkan suatu usaha yang juga membawa nilai-nilai keagamaan di dalamnya. Berdasar pada hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai keagamaan dalam suatu usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Selanjutnya dilanjutkan dengan analisa hasil temuan data yang disampaikan dalam bentuk kalimat-kalimat sederhana yang mampu dipahami. Sedangkan untuk teori yang digunakan adalah konsep spirit kapitalisme milik Max Weber, serta Etika Bisnis Islam. Hasil penelitian ini menunjukan bagaimana nilai spirit Islam melatarbelakangi berdirinya usaha ini. Yakni keyakinan bahwa usaha ini bisa terus bertahan dengan adanya misi sosial di dalamnya yang meliputi: keyakinan bahwa bekerja merupakan suatu ibadah, pemeliharaan keagamaan dan moralitas di tempat kerja, terbangunnya komunikasi yang baik, serta terciptanya suatu iklim kerja yang sesuai dengan kaidah ajaran agama Islam. %Z Pembimbing: Ratna Istriyani, M.A.