eprintid: 49788 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/04/97/88 datestamp: 2022-03-01 03:50:45 lastmod: 2022-03-01 03:50:45 status_changed: 2022-03-01 03:50:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fina Lutvica Umaroh, NIM. 19204032010 title: STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MEMBANGUN KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN ANAK DI RA DARUSSALAM ARIYOJEDING, REJOTANGAN, TULUNGAGUNG ispublished: pub subjects: s_piaud divisions: piaud full_text_status: restricted keywords: Strategi Komunikasi, Guru dan Orang Tua, Kedisiplinan Anak note: Pembimbing : Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si abstract: Komunikasi menjadi hal yang penting bagi setiap manusia, terutama dalam dunia pendidikan. Komunikasi sangat dibutuhkan bagi setiap lembaga pendidikan, salah satunya di lembaga PAUD. Komunikasi yang baik antara guru PAUD dengan orang tua anak didik dapat menjadikan proses pembelajaran di kelas berjalan dengan optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai strategi komunikasi untuk membangun kerjasama guru dan orang tua dalam mengembangkan kedisiplinan anak, mengetahui faktor penghambat dan pendukung strategi komunikasi dan mengetahui implikasi strategi komunikasi untuk membangun kerjasama guru dan orang tua dalam mengembangkan kedisiplinan anak di RA Darussalam Ariyojeding, Rejotangan, Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini melibatkan lima responden yakni seorang kepala sekolah, dua guru dan dua orang tua anak didik RA Darussalam Ariyojeding, Rejotangan, Tulungagung. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan empat tahapan analisis, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru menggunakan berbagai bentuk strategi komunikasi salah satu yang menarik adalah kegiatan perlombaan untuk anak dan orang tua anak didik. (2) Faktor penghambat strategi komunikasi adalah tidak adanya respon dari orang tua anak didik, orang tua anak didik yang sibuk bekerja, orang tua anak didik yang tidak memiliki handphone, orang tua anak didik tidak memiliki kuota internet dan orang tua kurang memahami pesan yang disampaikan dalam komunikasi. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kemampuan bahasa, kemampuan orang tua anak didik merespon, adanya keterlibatan aktif orang tua anak didik, sarana komunikasi handphone, kemampuan menggunakan handphone, lingkungan dan motivasi. (3) Implikasi dari strategi komunikasi diantaranya adalah anak didik datang tepat waktu sebelum pembelajaran dimulai, anak didik berbaris rapi sebelum memasuki kelas, anak didik berpakaian rapi saat di sekolah, anak didik menyimpan sepatu di rak sepatu, anak didik tertib mengikuti setiap kegiatan di sekolah, anak didik mematuhi aturan main di dalama kelas, anak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, anak membuang sampah pada tempatnya, anak mengambil dan mengembalikan barang ke tempatnya, anak berusaha patuh terhadap aturan yang disepak date: 2022 date_type: published pages: 152 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiah dam Keguruan thesis_type: masters thesis_name: other citation: Fina Lutvica Umaroh, NIM. 19204032010 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI UNTUK MEMBANGUN KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN ANAK DI RA DARUSSALAM ARIYOJEDING, REJOTANGAN, TULUNGAGUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49788/1/19204032010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49788/2/19204032010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf