@unpublished{digilib49790,
           title = {PENGARUH PENERAPAN
MODEL RESOURCE BASED LEARNING (RBL)
TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN
KETERAMPILAN BERBICARA
SISWA KELAS V SDIT ARAFAH KOTA PADANG},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM. 19204080053 Habib Khalilur Rahman},
            year = {2021},
            note = {Pembimbing : Dr. Istiningsih, M. Pd.},
        keywords = {Model Resource Based Learning, Kemampuan Membaca,
Keterampilan Berbicara},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49790/},
        abstract = {Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh
penerapan model resource based learning terhadap kemampuan membaca dan
keterampilan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pengaruh penerapan model resource based learning terhadap kemampuan
membaca dan keterampilan berbicara siswa .
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain
penelitian menggunakan pre-eksperimental dengan jenis One group pretestposttest.
Variable penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan terikat. Variabel
bebas yaitu model resource based learning untuk variabel terikatnya adalah
kemampuan membaca dan keterampilan berbicara. Populasi penelitian ini adalah
pada siswa kelas V di SD IT Arafah Kota Padang yang berjumlah 21 siswa. Sampel
penelitian yang digunakan yaitu sampel jenuh, dimana semua populasi diambil dan
dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal,
angket, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil skor pretest variabel
kemampuan membaca yakni sebesar 45 \% dan posttest yakni sebesar 70\%. (2) Hasil
skor pretest variabel keterampilan berbicara yakni sebesar 48\% dan posttest yakni
sebesar 67\%. (3) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara model resource based
learning terhadap kemampuan membaca siswa dengan presentase sebesar 68\%, dan
(4) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara model resource based learning
terhadap keterampilan berbicara siswa dengan presentase sebesar 35\%.}
}