%0 Thesis
%9 Masters
%A Habib Khalilur Rahman, NIM. 19204080053
%B Fakultas Tarbiah dam Keguruan
%D 2021
%F digilib:49790
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%K Model Resource Based Learning, Kemampuan Membaca,  Keterampilan Berbicara
%P 194
%T PENGARUH PENERAPAN  MODEL RESOURCE BASED LEARNING (RBL)  TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN  KETERAMPILAN BERBICARA  SISWA KELAS V SDIT ARAFAH KOTA PADANG
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49790/
%X Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh  penerapan model resource based learning terhadap kemampuan membaca dan  keterampilan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui  pengaruh penerapan model resource based learning terhadap kemampuan  membaca dan keterampilan berbicara siswa .  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Desain  penelitian menggunakan pre-eksperimental dengan jenis One group pretestposttest.  Variable penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan terikat. Variabel  bebas yaitu model resource based learning untuk variabel terikatnya adalah  kemampuan membaca dan keterampilan berbicara. Populasi penelitian ini adalah  pada siswa kelas V di SD IT Arafah Kota Padang yang berjumlah 21 siswa. Sampel  penelitian yang digunakan yaitu sampel jenuh, dimana semua populasi diambil dan  dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal,  angket, observasi dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil skor pretest variabel  kemampuan membaca yakni sebesar 45 % dan posttest yakni sebesar 70%. (2) Hasil  skor pretest variabel keterampilan berbicara yakni sebesar 48% dan posttest yakni  sebesar 67%. (3) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara model resource based  learning terhadap kemampuan membaca siswa dengan presentase sebesar 68%, dan  (4) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara model resource based learning  terhadap keterampilan berbicara siswa dengan presentase sebesar 35%.
%Z Pembimbing : Dr. Istiningsih, M. Pd.