eprintid: 49887 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/04/98/87 datestamp: 2022-03-08 06:30:20 lastmod: 2022-03-08 06:30:20 status_changed: 2022-03-08 06:30:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rima Majidah, NIM. 15490011 title: EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) INTENSIVE SCIENCE CLASS (ISC) MAN DARUSSALAM CIAMIS JAWA BARAT ispublished: pub subjects: mkpi divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Intensive Science Class (ISC), Evaluasi Program, MAN (Madrasah Aliyah Negeri). note: Pembimbing : Miftahus Sa’adah, S.Pd.I, M.Ed., abstract: Penilitian ini dilatarbelakangi oleh pendirian program pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Intensive Science Class (ISC) dimana merupakan program pembelajaran yang terbilang baru di MAN Darussalam Ciamis Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses, faktor pendukung dan penghambat dan juga hasil evaluasi program pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Intensive Science Class (ISC) di MAN Darussalam Ciamis Jawa Barat melalui model evaluasi countenance Stake. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif evaluatif dengan mengambil latar di MAN Darussalam Ciamis Jawa Barat. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, waancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, analisis data, analisis kesesuaian (congruence) dan pertimbangan hasil. Pemeriksaan keabsahan data dengan 3 (tiga) cara yaitu triangulasi sumber, teknik dan waktu yang kemudian dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi evaluasi program pembelajaran sudah dilatarbelakangi dengan pendahuluan (antecedent) yang cukup jelas, karena ada pertimbangan pada visi, misi, dan tujuan, proses (transaction) yang sudah baik dan hasil (outcomes) yang cukup baik, karena ada pertimbangan pada hasil prestasi siswa. (2) Faktor penghambat dan pendukung program pembelajaran yaitu terdiri dari 5 (lima) faktor pendukung dan 2 (dua) faktor penghambat. (3) Hasil evaluasi program pembelajaran memiliki hasil pertimbangan yaitu tetap dilaksanakan dengan perbaikan date: 2019 date_type: published pages: 170 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Rima Majidah, NIM. 15490011 (2019) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) INTENSIVE SCIENCE CLASS (ISC) MAN DARUSSALAM CIAMIS JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49887/1/15490011_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49887/2/_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf