TY - THES N1 - Pembimbing : Rinduan Zain, S.Ag., MA., ID - digilib49889 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49889/ A1 - Ika Yulianti, NIM: 15490020 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi dari adanya celah pada penelitian sebelumnya tentang sistem moving class terhadap motivasi dan hasil belajar, dimana pada penelitian sebelumnya belum meneliti pengaruh moving class terhadap kreativitas guru. Penelitian ini didasarkan pada teori Saiful Sagala dan Istiqomah tentang moving class. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan korelasi bivariat dan regresi linear sederhana ini bertujuan untuk menganalisis hubungan, pengaruh dan besar kontribusi variabel sistem moving class (X) terhadap variabel kreativitas guru (Y). Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Multimedia SMKN 2 Yogyakarta, dengan sampel sebesar 132 siswa dari populasi sebesar 187 siswa. Pengambilan sampel berdasarkan pada kaidah probability sampling dengan metode stratified random sampling. Variabel independen pada penelitian ini ialah sistem moving class (X), sedangkan variabel dependennya ialah kreativitas guru (Y). Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data ialah menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Social Sciences) versi 20. Hasil uji korelasi bivariat menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0.563, dengan nilai signifikansi 0.000 < ? = 0.05. Artinya, pada angka kepercayaan 95%, sistem moving class (X) mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap kreativitas guru (Y) dalam mengelola kelas, dimana besaran korelasinya berada pada kategori sedang. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan persamaan regresi Y = 24.406 + 0.637X. Nilai ? = 0.637 dapat diartikan bahwa ketika SMKN 2 Yogyakarta mengimplementasikan sistem moving class yang baik dapat meningkatkan kreativitas guru dalam mengelola kelas sebesar 64%. Dari nilai konstanta sebesar 24.406 dapat diartikan bahwa, apabila moving class (X) berada pada kategori kurang baik (skor 1), kreativitas guru (Y) meningkat menjadi 25 poin (Y = 25.043). Jika moving class (X) berada pada kategori cukup baik (skor 2), kreativitas guru (Y) meningkat dari nilai konstanta (24.406) menjadi 25.7 poin (Y = 25.680). Jika moving class (X) berada pada kategori baik (skor 3), kreativitas guru (Y) meningkat dari nilai konstanta (24.406) menjadi 26.3 poin (Y = 26.317). Implikasinya, semakin baik diterapkannya sistem moving class, semakin kreatif seorang guru dalam mengelola kelas. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - sistem moving class KW - kreativitas guru. M1 - skripsi TI - PENGARUH SISTEM MOVING CLASS TERHADAP TINGKAT KREATIVITAS GURU DALAM MENGELOLA KELAS MENURUT PANDANGAN SISWA JURUSAN MULTIMEDIA DI SMKN 2 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 194 ER -