eprintid: 49926 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/99/26 datestamp: 2022-03-10 03:33:14 lastmod: 2022-03-10 03:33:14 status_changed: 2022-03-10 03:33:14 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Hidayat, NIM.: 14410118 title: PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN QUR'AN HADITS VIA GOOGLE FORM PADA SISWA MIN 5 GUNUNGKIDUL ispublished: pub subjects: P subjects: met_pemb divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Online, Qur'an Hadits, Google Form note: Pembimbing: Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si abstract: Selama masa pandemi COVID-19 pembelajaran dirumah atau online menjadi solusi melanjutkan sisa semester. Berbagai layanan online dapat dimanfaatkan sebagai penunjang transfer pengetahuan hingga diskusi terkait konten pembelajaran salah satunya yaitu Google Form untuk evaluasi pembelajaran online. Penulisan ini mengambil latar MIN 5 Gunungkidul. Jenis penulisan ini menggunakan penulisan kualitatif, penulisan kualitatif yaitu penulisan yang lebih menekankan kepada analisisnya pada proses pengumpulan data deduktif dan induktif serta pada analisisnya terhadap dinamika hubungan dan fenomena yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penulisan ini yaitu (1). Proses Pembelajaran Online Mata Pelajaran Qur’an Hadits Via Google Form MIN 5 Gunungkidul meliputi (a) Persiapan pembelajaran: penyiapan materi pembelajaran menggunakan WhatsApp grup untuk memberikan materi pengantar dan memberikan instuksi kepada siswa (b) Pelaksanaan pembelajaran: kegiatan pembelajaran menggunakan Google Form yang meliputi mengerjakan tugas dan ulangan harian yang didahului oleh proses pengantar di WhatsApp grup(c) Evaluasi pembelajaran: penilaian hasil belajar menggunakan Google Form dalam bentuk data yang sudah tersedia di fitur Google Form yang kemudian diolah oleh guru. (2). Faktor pendukung pembelajaran daring menggunakan Google Form yaitu, sekolah memfasilitasi wifi dan komputer untuk guru, serta faktor penghambat pembelajaran daring menggunakan platform Google Form yaitu, terbatasnya siswa dalam akses internet dan perangkat selular. date: 2021-12-15 date_type: published pages: 101 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Hidayat, NIM.: 14410118 (2021) PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN QUR'AN HADITS VIA GOOGLE FORM PADA SISWA MIN 5 GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49926/1/14410118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49926/2/14410118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf