eprintid: 49927 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/99/27 datestamp: 2022-03-10 03:38:06 lastmod: 2022-03-10 03:38:06 status_changed: 2022-03-10 03:38:06 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nilna Mina, NIM.: 14410155 title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pendidikan,Nilai-Nilai Multikultural, Pondok Pesantren note: Pembimbing: Dr. Muhammad Agung Rokhimawan, M. Pd. abstract: Penelitian tentang nilai-nilai pendidikan multikultural ini berasal dari fenomena multikulturalisme yang ada di Pondok Pesantren. Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta terdiri dari santri yang memiliki keberagaman baik dari asal daerah maupun latar belakang keluarga. Melalui pengimplementasian pendidikan multikultural melalui penaman nilai-nilai multikultural akan membiasakan santri untuk saling menghargai, saling menghormati dengan keanekaragaman yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan yaitu tentang pendidikan multikultural di pondok pesantren serta nilai-nilai pendidikan multikultural apa saja yang ditanamkan dalam pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertempat di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini secara khusus akan membahas mengenai pendidikan multikultural yang ada di pondok pesantren dan nilai-nilai pendidikan multkultural apa saja yang ditanamkan. Hasil penelitian ini meliputi: 1. Implementasi pendidikan multikultural melalui penanaman nilai-nilai multikultural di pondok pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta yaitu dengan menanamkan nilai demokrasi dan kesetaraan seperti pada kegiatan yang ada di pondok. 2) Secara tertulis kurikulum pondok pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta belum mencantumkan secara jelas mengenai pendidikan multikultural, namun dapam pelaksanaannya semuanya mengarah kepada pendidikan yang berbasis multikultural. 3) Pondok pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta telah mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan multikultural yaitu nilai pendidikan multikultural demokrasi, kesetaraan, dan keadilan; nilai Pendidikan multikultural kemanusiaan, kebersamaan, dan kedamaian.; Nilai Pendidikan multikultural mengembangkan sikap mengakui, menerima, dan menghargai keberagaman budaya date: 2021-12-28 date_type: published pages: 100 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nilna Mina, NIM.: 14410155 (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49927/1/14410155_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49927/2/14410155_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf