TY - THES N1 - Pembimbing: Nora Saiva Jannana, M. Pd ID - digilib49931 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49931/ A1 - Angga Setya Kostradianto, NIM.: 14490011 Y1 - 2022/01/21/ N2 - Pendidikan merupakan hak bagi semua warga Negara Indonesia tidak terkecuali bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Pendidikan inklusi merupakan layanan pendidikan formal yang digunakan untuk memfasilitasi ABK seperti anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, dan anak berkesulitan belajar, sehingga ABK memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan dengan siswa reguler profesional. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pendidikan inklusi salah satunya yaitu lingkungan, sedangkan lingkungan bisa dilihat dari berbagai hal. Permasalahan yang muncul ketika penyelenggara inklusi belum siap dengan fasilitas sarana prasarana seperti ruang inklusi yang kurang memadai atau terlalu sempit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kondisi lingkungan dan bagaimana faktor lingkungan di sekolah tersebut bisa berpengaruh ke keberhasilan hasil belajar siswa dilihat dari lingkungan. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SD Budi Mulia Seturan Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pertama Faktor kondisi lingkungan di SD Budi Mulia sangat mendukung dalam proses kegiatan belajar mengajar baik secara langsung maupun tidak langsung, hal ini dibuktikan dengan 3 faktor kondisi lingkungan yang mendukung diantaranya, Guru Pendamping Khusus (GPK), Teman Anak Berkebutuhan Khsusus (ABK), dan dukungan Orang Tua ABK. (2) Kedua Tingkat keberhasilan pendidikan inklusi di SD Budi Muia bisa dikatakan berhasil hal itu diperkuat dari hasil prestasi yang di dapat para siswa baik akademik maupun non akademik yang dicapai, siswa regular maupun siswa ABK, contoh prestasi yang didapat yaitu segi ekstrakurikuler salah satunya kemampuan dari salah satu siswa yang bernama Lovely menunjukkan bakat dan prestasinya lewat bermain drum diatas panggung. Prestasi tersebut didapat karena siswa nyaman dalam belajar. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan Inklusi KW - Faktor Lingkungan KW - Keberhasilan Program M1 - skripsi TI - ANALISIS PERAN KONDISI LINGKUNGAN TERHADAP KEBERHASILAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD BUDI MULIA SETURAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 143 ER -