%A NIM.: 16430024 Siti Muflihah %O Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd %T IMPLIKASI BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA KINERJA GURU TK ABA SAPEN YOGYAKARTA %X Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Belajar Dari Rumah (BDR) terhadap kinerja guru dan dampak kinerja guru pada kualitas pembelajaran di TK ABA Sapen Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun pengambilan data dengan melakukan obsesrvasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian: (1) Ada keterkaitan antara kegiatan BDR pada masa pandemi dengan peningkatan kinerja guru di TK ABA Sapen. Hal ini dapat terlihat dari meningkatnya keterampilan guru TK ABA Sapen setelah mengikuti kegiatan pelatihan, menentukan metode pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran daring, serta berusaha mengatasi kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring. (2) Kinerja guru pada masa pandemi memiliki dampak terhadap kualitas pembelajaran daring di TK ABA Sapen, yaitu meningkatnya kemampuan guru dalam mengelola dan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, sehingga peserta didik tetap merasa nyaman dan senang dalam mengikuti pembelajaran daring. %K Implikasi, Belajar Dari Rumah (BDR), Kinerja Guru %D 2022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib49939