TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. H. Rofik, M.Ag ID - digilib49940 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49940/ A1 - Ma?ruf Wahyudin, NIM.: 17104010062 Y1 - 2021/12/31/ N2 - Penelitian ini berlandaskan akan pentingnya Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Islam di era modern, yang harus sesuai dengan kondisi saat ini. Melihat Karakter merupakan Jiwa bangsa yang memperlihatkan kondisi dari bangsa tersebut, sehingga sangat penting kiranya pendidikan karakter mampu menjawab kondisi bangsa yang minim akan moral yang ditunjukkan oleh peserta didik saat ini yang mana kerap adanya bullying yang dilakukan oleh anak-anak didik atau bentuk perilaku yang tidak baik lainnya. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan Teks Lokajaya. Melihat dari judul tersebut tidak asing bagi orang orang yang mengenal walisongo, yang mana lokajaya sendiri dikenal kemudian dengan nama Sunan Kalijaga. Minimnya literasi terkait penelitian sejarah dari teks lokajaya ini menjadikan penulis tertarik mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter dalam teks lokajaya tersebut serta merelevansikannya dengan pendidikan Islam di era modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam teks lokajaya dan mengetahui relevansinya dengan pendidikan Islam di era modern ini. Sehingga bisa memberikan kontribusi dalam khasanah keilmuan nantinya. xii Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research), dengan mengambil objek Teks Lokajaya. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis isi (Content Analysis), kemudian dari hasil analisis ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Teks Lokajaya, yaitu: religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab.2) Terdapat relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Teks Lokajaya dengan istilah Pendidikan Islam di era modern, yaitu: Al-Tarbiyah, Al-Ta?lim, Al-Ta?dib; Relevansi dengan pendidikan Islam di era modern ini, adalah pendidikan karakter yang inklusif, pendidikan karakter kebhinekaan, dan pendidikan karakter humanis. Tiga Konsep besar itu sangat relevan untuk diimplementasikan terhadap dunia pendidikan terkhususnya pendidikan Islam yang ada di Indonesia, baik lembaga formal, informal, dan nonformal. Agar terciptanya pendidikan Islam yang teguh dengan khas klasiknya dan selalu berinovasi terhadap perkembangan zamannya, juga menjaga akhlak karimah yang baik dan selalu cinta kepada kebhinekaan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Teks Lokajaya KW - Pendidikan Karakter KW - Pendidikan Islam di Era Modern M1 - skripsi TI - NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TEKS LOKAJAYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN (STUDI PADA SUNTINGAN DAN TERJEMAHAN OLEH MARSONO) AV - restricted EP - 140 ER -