eprintid: 50031 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/05/00/31 datestamp: 2022-03-15 06:37:44 lastmod: 2022-03-15 06:37:44 status_changed: 2022-03-15 06:37:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Safariyatul Mahmudah, NIM. 15430108 title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS ALAM DI SEKOLAH ALAM KAMULAN SCHOOL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: s_piaud divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: pembelajaran, anak usia dini, berbasis alam. note: Pembimbing : Dr. Hj. Erni Munastiwi, M. M. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis alam bagi anak usia dini di Sekolah Alam Kamulan School Yogyakarta meliputi pendidik, staff, siswa dan pengurus Sekolah Alam Kamulan School. Objek Penelitian ini adalah proses pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Alam di Sekolah Alam Kamulan School Yogyakarta. Permasalahan ini diteliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berbasis alam di kamulan school ditanamkan melalui pendekatan basis mullticulture, naturally dan thematic. Dengan kurikulum diknas dan kurikulum ciri khas multiple intelligence school. Proses pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran kelompok dan penunjang kegiatan. Pembelajaran kelompok dilaksanakan melalui tahapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Program penunjang kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui program unggulan basic tahfidz dan basic science and math. Implementasi pembelajaran yang dilakukan tidak terlepas dari faktor kekurangan dan kelebihan. Adapun faktor kekurangan meliputi suatu kegiatan belajar mengajar, diantaranya ketidaksesuaian ilmu yang diperoleh pendidik, kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara mendadak, letak sekolah, pembayaran, tim asrama Putri Nuriya Pondok Wahid Hasyim, trouble maker, buku komunikasi combook, keterbatasan waktu penerapan pembelajaran ketika dirumah. Sedangkan kelebihan implementasi pembelajaran adalah media pembelajaran, sarana dan prasarana, team work, keberlangsungan KBM, kesadaran peserta didik, parenting dan anak didik. date: 2019 date_type: published pages: 230 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Safariyatul Mahmudah, NIM. 15430108 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS ALAM DI SEKOLAH ALAM KAMULAN SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50031/1/15430108_SAFARIYATUL%20MAHMUDAH_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50031/2/15430108_SAFARIYATUL%20MAHMUDAH_BAB%20II_SAMPAI_BAB%20IV.pdf