%0 Thesis %9 Skripsi %A Zumaroh, NIM. 10416005 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:50092 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K direct instruction, pembelajaran membaca Al Qur’an %P 80 %T EFEKTIVITAS METODE DIRECT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN SURAT-SURAT PENDEK DI SEKOLAH DASAR NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50092/ %X Metode Direct instruction dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Surat-Surat Pendek di Sekolah Dasar Negeri Tukangan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2014.Pada materi hapalan surat-surat pendek, kemampuan menghapal Al Qur’an surat-surat Juz ‘Amma siswa kelas V SD Negeri Tukangan Yogyakarta masih rendah dalam hal ketepatan tajwid dan makhroj.Kemampuan membaca Al Qur’an siswa perlu ditingkatkan dengan menggunakan metode direct instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimentipe kelompok rotasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua mean dengan Tes Mann-Whitney (U-Test). Dari eksperimen yang dilakukan berdasarkan desain rotasi dan diuji dengan Tes Mann-Whitney (U-Test) yang sama, yaitu Uhitung lebih kecil daripada Utabel dengan tingkat keberartian 95% dan taraf singnifikansi 5%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil membaca Al Qur’an surat-surat pendek antara siswa yang diajar dengan metode direct instruction dan siswa yang tidak diajar dengan metode direct instruction. %Z Dr. H. Tasman Hamami. M. A