eprintid: 50092 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/05/00/92 datestamp: 2022-03-21 03:55:13 lastmod: 2022-03-21 03:55:13 status_changed: 2022-03-21 03:55:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zumaroh, NIM. 10416005 title: EFEKTIVITAS METODE DIRECT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN SURAT-SURAT PENDEK DI SEKOLAH DASAR NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: direct instruction, pembelajaran membaca Al Qur’an note: Dr. H. Tasman Hamami. M. A abstract: Metode Direct instruction dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Surat-Surat Pendek di Sekolah Dasar Negeri Tukangan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2014.Pada materi hapalan surat-surat pendek, kemampuan menghapal Al Qur’an surat-surat Juz ‘Amma siswa kelas V SD Negeri Tukangan Yogyakarta masih rendah dalam hal ketepatan tajwid dan makhroj.Kemampuan membaca Al Qur’an siswa perlu ditingkatkan dengan menggunakan metode direct instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimentipe kelompok rotasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi SD Negeri Tukangan Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua mean dengan Tes Mann-Whitney (U-Test). Dari eksperimen yang dilakukan berdasarkan desain rotasi dan diuji dengan Tes Mann-Whitney (U-Test) yang sama, yaitu Uhitung lebih kecil daripada Utabel dengan tingkat keberartian 95% dan taraf singnifikansi 5%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil membaca Al Qur’an surat-surat pendek antara siswa yang diajar dengan metode direct instruction dan siswa yang tidak diajar dengan metode direct instruction. date: 2014-10-14 date_type: published pages: 80 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Zumaroh, NIM. 10416005 (2014) EFEKTIVITAS METODE DIRECT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR’AN SURAT-SURAT PENDEK DI SEKOLAH DASAR NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50092/1/10416005_BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50092/2/10416005_BAB%20II%20SAMAPAI%20BAB%20III.pdf