@phdthesis{digilib50094,
           month = {October},
           title = {PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI KEDISIPLINAN {\d S}ALAT {\d D}UH{\=A}
BERJAMAAH DI KELAS V SDIT SALSABILA 4 JETIS BANTUL},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM: 10416040 AGUS ROZIQ},
            year = {2014},
            note = {Dr. Usman, SS, M.Ag},
        keywords = {media pembinaan akhlak, sholat dhuha, SDIT Salsabila 4 Jetis Bantul},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50094/},
        abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah SDIT Salsabila 4 Jetis Bantul yang
berusaha menjadikan kegiatan keagamaan sebagai media pembinaan akhlak untuk
menciptakan budaya sekolah yang positif khususnya dalam {\d s}alat {\d d}uh{\=a} berjamaah.
Harapan dari kegiatan ini, agar kegiatan {\d s}alat {\d d}uh{\=a} berjamaah menjadi suatu
kedisiplinan yang menyatu bagi siswa, namun di tengah usaha tersebut masih ada
beberapa siswa yang belum menjalankan {\d s}alat {\d d}uh{\=a} berjamaah dengan disiplin.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan
akhlak melalui kedisiplinan {\d s}alat {\d d}uh{\=a} berjamaah, apa faktor pendukung dan
penghambatnya, serta bagaimana keberhasilan pelaksanaan pendidikan akhlak
melalui kedisiplinan {\d s}alat {\d d}uh{\=a} berjamaah? Penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis Pendidikan Akhlak Melalui
Kedisiplinan {\d S}alat {\d d}uh{\=a} Berjamaah di Kelas V SDIT Salsabila 4 Jetis Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDIT
Salsabila 4 Jetis Bantul. Pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan,
wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah
pengumpulan data, menyajikan data, menganalisa data, dan menginterpretasikan data
yang ada dengan metode induktif, yakni melakukan analisa berdasarkan data yang
diperoleh sehingga dapat ditarik kesimpulan.
Hasil peneltian menunjukkan: 1) Pelaksanaan pendidikan akhlak terintegrasi
dalam kegiatan {\d s}alat {\d d}uh{\=a} berjamaah. Pendidikan akhlak dilaksanakan sejak
persiapan sebelum wu{\d d}u sampai berakhirnya kegiatan {\d s}alat {\d d}uh{\=a} berjamaah. Akhlak
yang ditanamkan di dalamnya adalah; kemandirian, qana?ah, disiplin waktu, disiplin
kebersihan, kesabaran, kepemimpinan, percaya diri, tanggung jawab, mengingat
Allah Swt, bersukur dan tawakkal. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan
Pendidikan Akhlak Melalui Kedisiplinan {\d S}alat {\d d}uh{\=a} Berjamaah di Kelas V SDIT
Salsabila 4 Jetis Bantul adalah adanya manajemen pengelolaan kegiatan sekolah yang
baik serta dukungan dari semua pihak, sarana dan prasarana sekolah yang cukup
memadai, tertib dalam menjalankan peraturan yang ada, dan kondisi lingkungan yang
mendukung, sehingga pelaksanaan {\d s}alat {\d d}uh{\=a} berjamaah berjalan dengan baik.
Sedangkan faktor yang menjadi penghambat adalah sarana dan prasarana yang tidak
berfungsi dengan baik, situasi dan kondisi siswa yang tidak mendukung, dan kurang
disiplinnya guru dalam mendampingi siswa. 3) Keberhasilan dalam pendidikan
akhlak melalui kedisiplinan {\d s}alat {\d d}uh{\=a} berjamaah adalah terbentuknya budaya
sekolah yang positif dan terbentuknya akhlak mulia pada siswa. Menjadikan watak
yang dapat menumbuhkan kebiasaan positif, menentukan dan mempengaruhi
kedisiplinan pada kegiatan lain selanjutnya.}
}