relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50094/
title: PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI KEDISIPLINAN ṢALAT ḌUHĀ  BERJAMAAH DI KELAS V SDIT SALSABILA 4 JETIS BANTUL
creator: AGUS ROZIQ, NIM: 10416040
subject: Pendidikan Agama Islam
description: Latar belakang penelitian ini adalah SDIT Salsabila 4 Jetis Bantul yang  berusaha menjadikan kegiatan keagamaan sebagai media pembinaan akhlak untuk  menciptakan budaya sekolah yang positif khususnya dalam ṣalat ḍuhā berjamaah.  Harapan dari kegiatan ini, agar kegiatan ṣalat ḍuhā berjamaah menjadi suatu  kedisiplinan yang menyatu bagi siswa, namun di tengah usaha tersebut masih ada  beberapa siswa yang belum menjalankan ṣalat ḍuhā berjamaah dengan disiplin.  Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan  akhlak melalui kedisiplinan ṣalat ḍuhā berjamaah, apa faktor pendukung dan  penghambatnya, serta bagaimana keberhasilan pelaksanaan pendidikan akhlak  melalui kedisiplinan ṣalat ḍuhā berjamaah? Penelitian ini bertujuan untuk  mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis Pendidikan Akhlak Melalui  Kedisiplinan Ṣalat ḍuhā Berjamaah di Kelas V SDIT Salsabila 4 Jetis Bantul.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDIT  Salsabila 4 Jetis Bantul. Pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan,  wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah  pengumpulan data, menyajikan data, menganalisa data, dan menginterpretasikan data  yang ada dengan metode induktif, yakni melakukan analisa berdasarkan data yang  diperoleh sehingga dapat ditarik kesimpulan.  Hasil peneltian menunjukkan: 1) Pelaksanaan pendidikan akhlak terintegrasi  dalam kegiatan ṣalat ḍuhā berjamaah. Pendidikan akhlak dilaksanakan sejak  persiapan sebelum wuḍu sampai berakhirnya kegiatan ṣalat ḍuhā berjamaah. Akhlak  yang ditanamkan di dalamnya adalah; kemandirian, qana’ah, disiplin waktu, disiplin  kebersihan, kesabaran, kepemimpinan, percaya diri, tanggung jawab, mengingat  Allah Swt, bersukur dan tawakkal. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan  Pendidikan Akhlak Melalui Kedisiplinan Ṣalat ḍuhā Berjamaah di Kelas V SDIT  Salsabila 4 Jetis Bantul adalah adanya manajemen pengelolaan kegiatan sekolah yang  baik serta dukungan dari semua pihak, sarana dan prasarana sekolah yang cukup  memadai, tertib dalam menjalankan peraturan yang ada, dan kondisi lingkungan yang  mendukung, sehingga pelaksanaan ṣalat ḍuhā berjamaah berjalan dengan baik.  Sedangkan faktor yang menjadi penghambat adalah sarana dan prasarana yang tidak  berfungsi dengan baik, situasi dan kondisi siswa yang tidak mendukung, dan kurang  disiplinnya guru dalam mendampingi siswa. 3) Keberhasilan dalam pendidikan  akhlak melalui kedisiplinan ṣalat ḍuhā berjamaah adalah terbentuknya budaya  sekolah yang positif dan terbentuknya akhlak mulia pada siswa. Menjadikan watak  yang dapat menumbuhkan kebiasaan positif, menentukan dan mempengaruhi  kedisiplinan pada kegiatan lain selanjutnya.
date: 2014-10-15
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50094/1/10416040_BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50094/2/10416040_BAB%20II%2C%20III.pdf
identifier:   AGUS ROZIQ, NIM: 10416040  (2014) PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI KEDISIPLINAN ṢALAT ḌUHĀ BERJAMAAH DI KELAS V SDIT SALSABILA 4 JETIS BANTUL.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.