eprintid: 50096 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/05/00/96 datestamp: 2022-03-22 04:14:29 lastmod: 2022-03-22 04:14:29 status_changed: 2022-03-22 04:14:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Qorir Yunia Sari, NIM 16720017 title: ADAPTASI SOSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA DIFABEL PROGRAM STUDI SOSIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: sosio divisions: jur_sos full_text_status: restricted keywords: Adaptasi Sosial, Proses Pembelajaran, Mahasiswa Difabel note: Pembimbing : Achmad Zainal Arifin, Ph.D abstract: Undang-Undang Pasal 9 No. 19 Tahun 2011 menjelaskan pentingnya pemenuhan aksesibilitas difabel dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya yaitu pemenuhan fasilitas yang berguna untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran. Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 tentang difabel, pasal 42 ayat 3 mengatur bahwa Perguruan Tinggi memfasilitasi pembentukan Unit Layanan Disabilitas. Kemudian UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memiliki Unit Layanan Disabilitas yaitu Pusat Layanan Difabel (PLD). Bersama-sama mengupayakan dan membangun fasilitas untuk mahasiswa difabel secara lebih baik. Namun, upaya yang dilakukan tetap tidak memungkiri bahwa akan ada kesulitan dan hambatan lain yang dialami oleh mahasiswa difabel dalam proses pembelajaran di UIN Sunan Kalijaga. Seperti yang dialami oleh mahasiswa difabel Program Studi Sosiologi UIN Sunan Kalijaga. Perlu adanya adaptasi sosial untuk mengatasi hambatan dan terbiasa dengan lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adaptasi sosial dalam proses pembelajaran mahasiswa difabel Program Studi Sosiologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Teori yang digunakan yaitu teori adaptasi sosial dari Kalervo Oberg. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif, di mana peneliti mendeskripsikan, mengumpulkan, menceritakan tentang kehidupan dan pengalaman-pengalaman mahasiswa difabel Program Studi Sosiologi selama mengikuti proses pembelajaran di UIN Sunan Kalijaga. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tahap adaptasi sosial yang dilakukan oleh mahasiswa difabel Program Studi Sosiologi dalam proses pembelajaran. Pertama, tahap Honeymoon (Euphorie) terdapat beberapa mahasiswa difabel Program Studi Sosiologi yang merasa senang dan antusias ketika pertama kali di UIN Sunan Kalijaga. Kedua, tahap Culture Shock muncul berbagai hambatan dalam proses pembelajaran, yaitu 1) perasaan aneh dan canggung, 2) mobilitas, 3) presentasi, 4) UTS dan UAS, 5) akses e-learning, 6) mata kuliah dan tugas, 7) penyampaian materi dan interaksi dengan dosen, 8) Kuliah Kerja Nyata. Ketiga, tahap Recovery yang ditandai dengan mahasiswa difabel Program Studi Sosiologi berusaha mengatasi hambatan yang dialami dan menerapkannya secara terus-menerus. Keempat, tahap Adjusment yang terdapat mahasiswa difabel Program Studi Sosiologi mulai terbiasa dengan proses pembelajaran dan lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Hingga dapat meraih berbagai pencapaian, baik akademik maupun non-akademik. date: 2020 date_type: published pages: 130 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Qorir Yunia Sari, NIM 16720017 (2020) ADAPTASI SOSIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA DIFABEL PROGRAM STUDI SOSIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50096/1/16720017_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50096/2/16720017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf