relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50224/ title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI PYTHAGORAS BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK creator: Binti Hiya Isnaini, NIM. 17106000008 subject: Manajemen Pendidikan subject: Pendidikan Matematika description: Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi Pythagoras berbasis discovery learning untuk menstimulasi kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik dan untuk mengetahui kevalidan dari LKPD matematika materi Pythagoras berbasis discovery learning untuk menstimulasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Rancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap develop (pengembangan). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi produk LKPD dan lembar validasi instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Sumber data dan subjek penelitian yaitu validator ahli materi dan validator ahli media untuk memvalidasi produk LKPD dan validator ahli untuk memvalidasi instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan formula Aiken’s V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi Pythagoras berbasis discovery learning untuk menstimulasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator ahli materi dengan nilai rata-rata validitas sebesar 0,76 dan penilaian validator ahli media dengan nilai rata-rata validitas 0,73. Hasil penelitian tersebut termasuk dalam kategori tinggi dan dapat dikatakan valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi Pythagoras berbasis discovery learning untuk menstimulasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik layak diuji cobakan kepada peserta didik. date: 2022 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50224/1/17106000008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50224/2/17106000008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Binti Hiya Isnaini, NIM. 17106000008 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI PYTHAGORAS BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.