TY - THES N1 - Pembimbing : Labibah Zain, M.LIS., ID - digilib50244 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50244/ A1 - Welly Deanoari Anugrah, NIM. 18101040075 Y1 - 2022/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi perpustakaan melalui instagram menggunakan aspek AIDA marketing terhadap pemanfataan layanan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang aktif mengikuti akun instagram Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan objek penelitian adalah promosi perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melalui instagram. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengukuran data menggunakan skala Likert dengan empat pilihan jawaban. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 40,6% yang menunjukkan bahwa variasi promosi perpustakaan melalui instagram dapat menjelaskan variasi dari pemanfataan layanan perpustakaan sebesar 40,6%. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa tingkat hubungan variabel promosi perpustakaan melalui instagram dengan pemanfaatan layanan perpustakaan kuat dan searah. Indikator desire (keinginan) dan indikator frekuensi peminjaman merupakan indikator dengan nilai persentase paling rendah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Promosi Perpustakaan KW - AIDA (Attention KW - Interest KW - Desire KW - Action) KW - Pemanfaatan Layanan KW - Instagram M1 - skripsi TI - PENGARUH PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI INSTAGRAM TERHADAP PEMANFAATAN LAYANAN DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 182 ER -