eprintid: 50264 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/05/02/64 datestamp: 2022-04-04 03:17:02 lastmod: 2022-04-04 03:17:02 status_changed: 2022-04-04 03:17:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ANIS FARIDAH, NIM. 15600038 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Meaningful Instructional Design (MID), Talking Stick, Kemampuan Koneksi Matematis, Disposisi Matematis note: Suparni, M.Pd. abstract: Koneksi matematis merupakan standar yang sangat penting untuk dikembangkan pada diri siswa, sebab ketika siswa dapat mengoneksikan ide-ide matematik, mereka akan memahami matematika secara lebih dalam dan lebih lama serta pandangan mereka akan berkembang yaitu menjadikan matematika sebagai suatu keseluruhan yang utuh (NCTM, 2000). Sementara itu, disposisi matematis merupakan faktor utama dalam menentukan kesuksesan pendidikan matematika (Kilpatrick dkk, 2001). Model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dengan talking stick menjadi alternatif model dalam pembelajaran matematika yang dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis (Sritresna, 2015). Selain itu, MID dengan talking stick dapat memfasilitasi diposisi matematis siswa (Penu, 2017). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran MID dengan talking stick lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran MID dengan talking stick lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain non-equivalent control group desain. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran MID dengan talking stick serta variabel terikat yaitu koneksi matematis dan disposisi matematis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta tahun ajaran 2018/ 2019, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIID sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan berupa penerapan model MID dengan talking stick. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan koneksi matematis, prescale-postscale disposisi matematis, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistika parametrik yaitu uji-t untuk data yang berdistribusi normal serta menggunakan statistik nonparametrik yaitu Mann Whitney untuk data yang tidak berdistribusi normal. Analisis data dilakukan dengan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model MID dengan talking stick lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Selain itu, penerapan model MID dengan talking stick lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap disposisi matematis siswa. date: 2020-05-18 date_type: published pages: 262 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ANIS FARIDAH, NIM. 15600038 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) DENGAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50264/1/15600038_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50264/2/15600038_BAB-II_sampai_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf