@phdthesis{digilib50293, month = {May}, title = {RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBAYARAN NON TUNAI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE SCRUM (STUDI KASUS : PT AIQQON TRIARTA MAS)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.:16650021 Fadqurrosyidik}, year = {2020}, note = {Pembimbing: Dr. Agung Fatwanto, S.Si., M.Kom}, keywords = {belanja; metode pengembangan sisitem; perancangan basis data; android}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50293/}, abstract = {Media pembayaran non tunai yaitu tanpa bentuk fisik. Pembayaran non tunai atau uang giral sering digunakan dalam transaksi belanja, karena sangat mempermudah uang pengembalian dan transaksi dalam jumlah besar tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Saat ini banyak penyedia pembayaran non tunai berbagai macam dengan keunggulan dan kekurangan masing masing, banyak pelaku usaha harus mendaftar lebih dari satu penyedia pembayaran non tunai untuk menerima pembayaran dari pelanggan, dan untuk pendaftaran juga tidak mudah setiap penyedia berbeda beda. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah sistem digital yang mampu menerima banyak pembayaran non tunai dalam satu wadah atau aplikasi. Sistem digital ini berbasis Aplikasi Android dengan bahasa pemrograman Kotlin. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Scrum. Metode ini dipilih karena memberikan kerangka kerja untuk menyelesaikan permasalahan kompleks secara adaptif. Sistem yang dikembangkan penulis memiliki fitur Terima Bayar dengan QR Code, Bayar dengan Scan, Cari Mitra, Atur Produk, Atur Profil, Ubah Pin, Register dan Login. Hasil dari pengujian Test Case final yang dilakukan oleh tim SQA, fitur-fitur aplikasi yang dibuat menunjukkan tingkat keberhasilan 100\%. Dengan adanya aplikasi pembayaran non tunai memudahkan penjual atau pelaku UMKM dalam menerima pembayaran non tunai.} }