TY - THES N1 - Pembimbing: 1. Drs. H. Fuad Zein, MA. 2. Drs. A. Yusuf Khoiruddin, SE. ID - digilib5039 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5039/ A1 - NUR 'AZIZATIL 'AJIBAH, NIM.: 97382825 Y1 - 2001/12/20/ N2 - Dalam dunia usaha, orang akan selalu diwajibkan untuk menjaga hubungan dengan mitra kerja atau pelanggan. Hubungan yang baik akan terjadi apabila terdapat trust (kepercayaan) dari semua pihak yang terkait. Disamping itu etika yang harus dibentuk antara penjual dan pembeli dalam dunia perdagangan harus senantiasa diperhatikan, terutama dalam hal memuaskan konsumen-pembeli. Dari hasil penelitian Activ Media Research LLC menyatakan bahwa kasus penipuan dalam model transaksi ini ada yang menganggap permasalahan berat hanya 1% dan yang 2% menganggap hal ini suatu permasalahan yang biasa bagi perusahaan. Selain itu konsumen adalah korban utama dalam transaksi yang curang. Sehingga konsumen sangat menginginkan ada legalitas yang jelas untuk pengaturan transaksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), dan bersifat deskriptif-analitis dengan pendekatan normative.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui langkah-langkah inventarisasi dan koleksi data, klasifikasi dan sistematisasi data, sedang analisa data menggunakan analisa deduktif. Dari aspek perkembangan teknologi, bahwa e-commerce telah mempunyai infrastruktur untuk menjamin dasn melindungi konsumen dalam melakukan transaksi. Dari aspek yuridis, bahwa belum ada undang-undang internasional yang secara spesifik membahas tentang e-commerce ini. Etika dan moral dalam transaksi ini menjadi bagian terpenting bagi penjual yang menawarkan produknya. Sehingga akan menimbulkan kepercayaan dan jaminan perlindungan terhadap konsumen, termasuk cara penjual memasarkan produk, system pemajangan barang di internet, dan mekanisme jual belinya yang dilengkapi dengan system keamanannya. Hukum Islam telah menyebutkan bebrapa prinsip yang menjadi tolok ukur etika dan moral dalam perdagangan. Walaupun e-commerce merupakan transaksi yang rawan akan kejahatan dan belum ada aspek perlindungan konsumen dapat dijamin dan dibuktikan. Sehingga menurut Hukum Islam bahwa transaksi ini adalah sah dan dibolehkan. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - perlindungan konsumen; transaksi; e-commerce M1 - skripsi TI - PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI MELALUI E-COMMERCE (TINJAUAN HUKUM ISLAM) AV - restricted ER -