relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50405/ title: Pemberdayaan Perempuan dalam Pendidikan Islam creator: Dwi Ratnasari, - subject: ISLAM DAN PENDIDIKAN description: Dari hasil penelitian terhadap pemberdayaan perempuan dalam pendidikan Islam yang merupakan sebuah studi kasus di Pondok Pesantren Tremas, Pacitan, dapat ditarik kesimpulan sebagai jawaban atas persoalan yang penulis teliti yaitu: Pemahaman kalangan Pesantren Tremas mengenai persoalan pemberdayaan perempuan bisa dilihat dari bagaimana mereka memahami permasalahan yang berkaitan dengan kedudukan dan peran perempuan serta bagaimana upaya-upaya yang mereka lakukan dalam mensosialisasikan pemahaman yang mereka miliki. Secara umum, pemahaman mereka mengenai persoalan keagamaan yang menyangkut tentang perempuan masih bersifat tekstual, artinya hanya sebagian kecil dari mereka yang memahami persoalan keagamaan seputar perempuan secara kontekstual. Mereka sering kali tidak melihat dalam konteks apa dan dalam kondisi sosio-kultural seperti apa sebuah teks keagamaan diturunkan. Namun demikian bukan berarti perempuan sama sekali tidak mempunyai posisi yang setara dengan laki-laki menurut pemahaman kalangan pesantren, karena dalam beberapa hal gaya berpikir mereka sudah cukup kontekstual, meski masih terdapat nilai-nilar bias gender. Hal ini menjadi wajar karena memang wacana tentang kesetaraan ataupun keadilan gender belum masuk ke sana. publisher: Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga date: 2021 type: Book type: PeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50405/1/Pemberdayaan%20Perempuan%20dalam%20Pendidikan%20Islam.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50405/2/surat-surat-pernyataan1649399579.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50405/12/HAKI-%20Dr.%20Dwi%20Ratnasari%20%28Pemberdayaan%20Perempuan...%29.pdf identifier: Dwi Ratnasari, - (2021) Pemberdayaan Perempuan dalam Pendidikan Islam. Pascasarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta. ISBN 978-623-6095-28-7