<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM\r\nPENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG)"^^ . "Model pembelajaran contextual teaching and learning merupakan konsep\r\nbelajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi\r\ndunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran yang masih\r\ndidominasi kegiatan penyampaian pengetahuan oleh guru, materi pembelajaran\r\nbersifat abstrak, teoritis, akademis, penilaian hanya dilakukan dengan menggunakan\r\ntes, dan sumber belajar masih terfokus pada guru dan buku, serta kurang\r\nmemanfaatkan lingkungan sekitar. Maka dari itu, penting kiranya diterapkan model\r\npembelajaran contextual teaching and learning dalam pengembangan kognitif anak.\r\nJenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun objek\r\ndalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik kelas A3 dan B2 serta peserta\r\ndidik kelas A3 dan B2 serta wali murid. Pengumpulan data yang dilakukan adalah\r\nwawancara, dokumentasi dan observasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah\r\npeneliti sendiri yang dibantu dengan pedoman wawancara, dokumentasi dan\r\nobservasi. Data yang telah peneliti peroleh akan dianalisis dengan menggunakan\r\nteknik analisis Miles dan Huberman yaitu dengan penyajian data, kemudian reduksi\r\ndata dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan dalam penelitian ini menggunakan\r\ntriangulasi teknik dan sumber.\r\nPenelitian ini menemukan bahwa dalam proses perencanaan model\r\npembelajaran disusun sesuai dengan panduan kurikulum 2013 dan Kurikulum\r\nAisyiyah Pusat yaitu dengan menentukan program semester, rencana kegiatan\r\nmingguan dan rencana kegiatan harian. Perencanaan harus memperhatikan hal-hal\r\nsebagai berikut yakni menentukan standar kompetensi dan kompetensi dasar, tujuan\r\npembelajaran, materi pembelajaran, alokasi waktu, metode pembelajaran dan\r\npemilihan media pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan\r\nbeberapa metode yakni metode bernyanyi, metode demonstrasi, metode proyek,\r\nmetode eksperimen, metode pemberian tugas serta metode bercerita. Seluruh metode\r\ntersebut dikemas dalam kegiatan pembelajaran di TK Aisyiyah 1 Pringsewu\r\nLampung yakni jurnal Pagi, kegiatan pembuka, kegiatan inti, istirahat, dan kegiatan\r\npenutup. Evaluasi pembelajaran menggunakan daily report yang tertuang kegiatan\r\nharian siswa yang merujuk pada perkembangan kognitif yakni tentang mewarnai,\r\npercampuran warna, pemecahan masalah dan pengelompokan benda disekitar,\r\nasessment middle semester kegiatan pertemuan setiap pertengahan semester yang\r\nmembahas tentang perkembangan kognitif anak selama kurang lebih 3 bulan, dan\r\nsemester akhir yakni pelaporan seluruh aspek perkembangan yaitu perkembangan\r\nkognitif yang terbagi menjadi tugas ranah penilaian yakni belajar dan pemecahan\r\nmasalah, berfikir logis, dan berfikir simbolik."^^ . "2020-04-14" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM.: 18204030034"^^ . "Wardah Anggraini"^^ . "NIM.: 18204030034 Wardah Anggraini"^^ . . . . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM\r\nPENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG) (Text)"^^ . . . . . "18204030034_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM\r\nPENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG) (Text)"^^ . . . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM\r\nPENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM\r\nPENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM\r\nPENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM\r\nPENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM\r\nPENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM\r\nPENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM\r\nPENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN\r\nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM\r\nPENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #50418 \n\nANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN \nCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM \nPENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK (STUDI KASUS PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 PRINGSEWU LAMPUNG)\n\n" . "text/html" . . . "Metode Pembelajaran" . . . "Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah" . .