@phdthesis{digilib50444, title = {PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PADA MASA PEMBELAJARAN DARING KELAS 4 DI SD MUHAMMADIYAH WONOKROMO II TAHUN AJARAN 2021/2022}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM: 18104080062 Zuni Fatmawati}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Andhika Yahya Putra, M. Or.,}, keywords = {Pelaksanaan, Pendidikan Karakter, Karakter Religius, dan Pembelajaran Daring}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50444/}, abstract = {Zuni Fatmawati, ?Pelaksanaan Pendidikan Karakter Religius Pada Masa Pembelajaran Daring Kelas 4 di SD Muhammadiyah Wonokromo II Tahun Ajaran 2021/2022?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2021. Penelitian ini mengkaji tentang: (1) bagaimana proses pelaksanaan pendidikan karakter religius pada masa pembelajaran daring dan (2) apa saja faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pendidikan karakter religius pada masa pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pelaksanaan Pendidikan Karakter Religius Pada Masa Pembelajaran Daring Kelas 4 di SD Muhammad Wonokromo II Tahun Ajaran 2021/2022. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan pendidikan karakter religius pada masa pembelajaran daring dan untuk mengetahui faktor penghambat serta pendukung pelaksanaan pendidikan karakter religius pada masa pembelajaran daring. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 4, tiga peserta didik dengan kriteria penilaian pendidikan karakter rendah, sedang, dan tinggi, serta tiga orang tua peserta didik dengan kriteria penilaian pendidikan karakter rendah, sedang, dan tinggi di SD Muhammadiyah Wonokromo II. Teknik viii pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan data menggunakan triangulasi metode dengan cara membandingkan informasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kegiatan pelaksanaan karakter religius pada masa pembelajaran daring peserta didik kelas 4 di SD Muhammadiyah Wonokromo II yaitu berdoa sebelum dan setelah pembelajaran, membaca Al-Quran atau Iqro?, salat Dhuha, salat fardhu, hafalan Juz ?Amma, dan berbakti kepada orang tua. Dalam pelaksanaannya kepala sekolah dan guru kelas selalu melakukan pemantauan serta dengan kolaborasi terhadap orang tua peserta didik. (2) Faktor penghambat dan pendukung pada pelaksanaan pendidikan karakter religius siswa kelas 4 di SD Muhammadiyah Wonokromo II yaitu adanya kejenuhan bagi peserta didik, orang tua, dan guru, keterbatasan pemantauan dari guru, perbedaan karakter antara peserta didik satu dengan lainnya, serta kurangnya pendampingan orang tua peserta didik. Kepala sekolah dan guru melakukan evaluasi, adanya kolaborasi antara guru dengan orang tua peserta didik, adanya pantauan dari kepala sekolah kepada guru, serta dukungan, perhatian, dan pengawasan dari orang tua peserta didik.} }