@phdthesis{digilib50449, title = {PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP TERINTEGRASI PENDIDIKAN NILAI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA S}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 18106070020 Sutria Ningrum}, year = {2022}, note = {Pembimbing : Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si. Ph.D.}, keywords = {chemo-entreprenurship; pendidikan nilai; quasi eksperimen; motivasi belajar; hasil belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50449/}, abstract = {Inovasi pembelajaran kimia perlu terus diupayakan untuk menyiapkan peserta didik di Era Society 5.0 dalam rangka mengatasi masalah akademik dan nonakademik, termasuk masalah sosial pada remaja. Salah satu inovasi pembelajaran kimia yang dilakukan melalui penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran kimia berbasis chemo-enterpreneurship terintegrasi pendidikan nilai. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran kimia berbasis chemo-entrepreneurship terintegrasi pendidikan nilai terhadap hasil belajar (kognitif dan afektif) dan motivasi belajar siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Meraksa Aji Tulang Bawang Lampung. Kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Pretest-Posttest Group Design dipilih sebagai metode penelitian, dan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling jenuh untuk menentukan kelas kontrol (XI MIA 1) dan kelas eksperimen (XI MIA 2). Data hasil belajar afektif diungkap melalui angket, kemudian dilakukan Uji Mann-Whitney terhadap hasil isian angket, dan diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 atau nilai signifikasi (2-tailed) {\ensuremath{<}} 0.05. Data hasil belajar kognitif diungkap dengan soal pretest dan posttest, kemudian dianalisis dengan uji independent sample T-test dan diperoleh nilai signifikansi 0,038 atau signifikansi (2-tailed) {\ensuremath{<}} 0,05. Data motivasi belajar diperoleh melalui angket, kemudian dilakukan uji Mann-Whitney pada kelas kontrol dan eksperimen dan diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.000 atau nilai signifikasi (2-tailed) {\ensuremath{<}} 0.05. Ketiga hasil uji statistik menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran kimia berbasis chemo-entrepreneurship terintegrasi pendidikan nilai terhadap hasil belajar (afektif dan kognitif) dan motivasi belajar siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Meraksa Aji, Tulang Bawang, Lampung.} }